BLORABARU
Beranda Berita Desa & Kelurahan Upaya Terbaik DLH Blora, Maksimalkan TPS 3R di Kelurahan Tambahrejo

Upaya Terbaik DLH Blora, Maksimalkan TPS 3R di Kelurahan Tambahrejo

BLORA, BLORABARU.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora terus melakukan berbagai cara dan inovasi dalam pengelolaan sampah

Hal itu diwujudkan dengan membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R).

TPS 3R ini sebagai upaya optimalisasi dalam hal penanganan sampah sehingga berhasil mengurangi residu yang dibuang ke TPA.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, pengelolaan sampah,pengendalian bahan berbahaya dan beracun. Serta limbah bahan berbahaya dan beracun, Bayu Himawan mengucapakan terima kasih atas peran aktif Kalur Tambahejo.

“Alhamdulillah hari ini, DLH melakukan sosialisasi dan pengarahan terkait dengan kegiatan TPS 3R, sosialisasi ini dihadiri pengurus, Ketua RW dan RT agar mereka mensosialisasikan pada warganya.” ungkapnya saat didampingi Kalur Tambahrejo, Marthin Ukik Andana seperti yang diberitakan blorabaru.com Jumat, 13/1/23.

Baca juga :  Tiga Desa di Kecamatan Cepu Menggelar Pelantikan dan Penyerahan SK

Dijelaskan Bayu panggilannya, bahwa TPS 3R di Kelurahan Tambahrejo ini “Sami Kagem”

“Saya melihat pengurus, Ketua RT dan Ketua RW mereka bersemangat untuk melakukan pengolahan sampah organik untuk menjadi pupuk kompos dan ini kami akan tindak lanjuti dengan pelatihan teknis pembuatan pupuk kompos.” terangnya.

Baca juga :  Ngaji Bareng Sarana Komunikasi Langsung Dengan Masyarakat

Melalui sosialisasi ini, lanjut kata Bayu bertujuan mempersiapkan TPS 3R ini sebelum diresmikan sudah siap untuk melakukan pengelolaan sampah.

“Kunci pengelolaan sampah diawali pemilahan sampah dari rumah ini yang perlu kita persiapkan.” ujarnya.

Kembali ia menyebutkan, selain bangunan gedung kita memberikan bantuan yakni alat pencacah organik dan pencacah anorganik.

Alat pencacah organik untuk memproses sampah organik menjadi pupuk kompos.
Sedangkan alat pencacah anorganik untuk mencacah plastik.

Ditempat ini ada pengayak dan tiga kendaraan Viar dalam bentuk kontainer sampah.

Baca juga :  Camat Jiken "Jadilah Perangkat Desa yang Smart, Inovatif dan Berdaya Saing."

Dilokasi TPS 3R Tambahrejo, Bayu kembali menjelaskan, TPS 3R ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian PUPR yang mengerjakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Saat ini Kabupaten Blora mempunyai tiga titik yaitu TPS 3R Purwosari, TPS 3R Wado dan TPS 3R Tambahrejo.

“Harapan kami ketika ada TPS 3R sampah di Kelurahan Tambahrejo tidak sampai keluar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Disini harus selesai diolah, diproses dan dimanfaatkan.” pintanya.

Komentar
Bagikan:

Iklan