Peran Pemerintah Desa dalam Pembangunan Kabupaten Blora

- Jurnalis

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BLORA, BLORABARU.COM – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Supardi tegaskan meski sebagai unit terkecil dalam struktur kepemerintahan, Pemerintah desa memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam pembangunan. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat lokal.

Menurutnya, mengapa peran ini sangat penting. Pertama-tama, karena pemerintah desa bertanggung jawab untuk mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang ada di desa.

“Mereka harus memastikan bahwa sumber daya tersebut digunakan secara efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, pemerintah desa harus mengelola anggaran desa dengan bijaksana, memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang diperlukan, seperti jalan, jembatan, dan saluran irigasi,” ucap Mbah Pardi, sapaan akrab ketua komisi A DPRD Blora ini, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (07/12/2023) siang.

Selain itu, lanjutannya kembali, pemerintah desa juga memiliki peran dalam memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dimana, mereka harus melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan memastikan bahwa kepentingan masyarakat diwakili dengan baik.

“Misalnya, pemerintah desa dapat mengadakan musyawarah desa untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, serta mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam program-program pembangunan,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya juga mengatakan bahwa pemerintah desa juga bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara aset-aset desa.

“Mereka harus menjaga dan merawat infrastruktur yang ada, seperti gedung sekolah, puskesmas, dan pasar desa. Selain itu, pemerintah desa juga harus memastikan bahwa aset-aset desa digunakan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Misalnya, pemerintah desa dapat mengelola lahan pertanian secara kolektif untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” terangnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Blora Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2021

Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah desa juga memiliki peran dalam membangun hubungan yang baik dengan pemerintah kabupaten.

“Mereka harus bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk mengkoordinasikan program-program pembangunan dan memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten dapat diimplementasikan dengan baik di tingkat desa,” jelasnya.

“Dan, misalnya pemerintah desa dapat bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dalam mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan pembangunan, seperti pengelolaan sampah dan pengendalian banjir,” jelasnya kembali.

Maka dari itu, dirinya menambahkan bahwa dengan melaksanakan peran ini dengan baik, pemerintah desa dapat berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan kabupaten Blora dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkait

Dalang Sigid Ariyanto Tampil Membersamai Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal
Sukses Digelar, Resepsi Peringatan Hari Jadi ke-274 Disupport DBH CHT 2023
Ndarboy Genk Meriahkan Malam Resepsi Hari Jadi ke-274 Blora
Blora Terima Penghargaan IGA 2023 Dengan Predikat Terinovatif
Jelang Nataru, Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman COVID-19 ERIS
PMI Blora Kukuhkan Pengurus KRP Tahun 2023 – 2025
Layanan Kesehatan Terpenuhi, Capai 95,58 % UHC
Bangun Enam Jembatan

Berita Terkait

Senin, 18 Desember 2023 - 16:54 WIB

Dalang Sigid Ariyanto Tampil Membersamai Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

Sabtu, 16 Desember 2023 - 12:32 WIB

Sukses Digelar, Resepsi Peringatan Hari Jadi ke-274 Disupport DBH CHT 2023

Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:36 WIB

Ndarboy Genk Meriahkan Malam Resepsi Hari Jadi ke-274 Blora

Selasa, 12 Desember 2023 - 19:12 WIB

Blora Terima Penghargaan IGA 2023 Dengan Predikat Terinovatif

Selasa, 12 Desember 2023 - 17:55 WIB

Jelang Nataru, Masyarakat Diimbau Waspada Ancaman COVID-19 ERIS

Berita Terbaru

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Bambang Cahyo Murdoko memberikan  penghargaan kepada Bupati Blora,Arief Rohman.

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia

Minggu, 14 Jul 2024 - 09:44 WIB

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Punya Potensi Besar

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:05 WIB

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora saat memberikan sosialisasi BLT DBHCHT.

info sosial

Tahun 2024, Jumlah Kuota BLT DBHCHT di Blora Turun

Kamis, 11 Jul 2024 - 17:38 WIB

Gala Dinner di ballroom Hotel Kyriad Arra. Cepu,

Budaya & Wisata

Finalis Duta Wisata Blora Diharapkan Bisa Jadi Entrepreneur Tourism

Rabu, 10 Jul 2024 - 07:56 WIB