Penempatan Pedagang di 26 Kios Blok D Pasar Sido Makmur Diundi

- Jurnalis

Jumat, 9 September 2022 - 16:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BLORA – Kepala Dindagkop UKM Blora, Kiswoyo pastikan tidak ada jual beli kios, los maupun dasaran di Blok D Pasar Sido Makmur, Blora. Ditandaskan, proses penempatan ratusan pedagang di lokasi itu melalui undian, Jumat (9/9/2022) pagi.

Turut hadir di pengundian kios, los dan dasaran Blok D Pasar Sido Makmur itu, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Kepala Kejaksaan Negeri Blora, Ichwan Efendi SH. Juga perwakilan dari Polres Blora. Adapun tempat yang diundi adalah 26 kios, 142 dasaran, dan 48 los meja.

Kepala Dindagkop UKM Blora, Kiswoyo menjelaskan, sebelum pengundian telah dilakukan pendataan untuk penempatan pedagang di Blok D tersebut. Dikatakan, dalam proses penataan ini dilengkapi dengan perjanjian pemanfaatan antara pemerintah dengan para pedagang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam perjanjian tersebut juga diatur hak dan kewajiban bagi para pihak, sanksi dan larangan dan ketentuan yang harus disepakati bersama.

“Kami pastikan untuk pembagian kios, los dan dasaran di Blok D ini tidak ada jual beli kios. Bahkan di hadapan Pak Kajari, pemerintah (Dindagkop) dan teman-teman pedagang membuat pernyataan diatas materai bahwa dalam mekanisme penempatan ini tidak ada jual beli atau transaksional,” ungkap Kiswoyo

Baca Juga :  Perhutani Serahkan Kambing Qurban ke Ponpes Nurul Musthofa Lasem dan Yayasan Yatim Piatu Annaba

Sebagai informasi, Blok D yang dibangun menggunakan anggaran dari pemerintah pusat pada tahun 2021 tersebut, kali ini sudah dapat digunakan. Dalam proses penataan ini telah melalui pendataan para pedagang yang memang berhak menempati, sehingga pada hari ini dilakukan pengundian.

Menggeliat

Sementara itu, Wakil Bupati Blora yang akrab disapa Mbak Etik berharap, dengan mulai aktifnya blok D Pasar Sido Makmur, aktivitas perdagangan di Blora mulai menggeliat dan dapat menggerakan roda perekonomian di tingkat daerah.

Mbak Etik mengingatkan agar tidak ada lagi praktek transaksional dan tidak ada kepentingan apapun dalam penataan dan penempatan pedagang. Kemudian, pedagang juga harus mematuhi segala ketentuan yang berlaku.

“Dilarang menelantarkan atau mengosongkan kios selama 3 bulan berturut-turut, tidak menyewakan atau mengontrakkan atau memperjualbelikan los atau kios, menjaga kebersihan kios dan los serta lingkungan pasar, dan membayar kewajiban retribusi daerah,” pesan Wakil Bupati Blora.

Baca Juga :  50 Stan Dipersiapkan di Gebyar Ramadahan 2023

Para pedagang diminta menjaga kebersihan pasar dan fasilitas yang ada.“Jaga kebersihannya di pasar nggih, kalau kebersihannya dijaga kalau pembeli melihat bersih khan pasti tertarik untuk mampir,” pintanya.

Susi, salah satu pedagang setempat mengaku senang dengan adanya undian ini. Pedagang daging ayam potong tersebut juga mengungkapkan bahwa di Blok D ini dirinya menempati lokasi dasaran.

“Tadi dipanggil maju terus mengambil nomor undian. Pas dibuka ada kertas isi nomornya. Saya lapaknya dasaran dan alhamdulillah tadi diundi, dapat sesuai yang saya pengen, di pinggir dekat dengan jalan,” ungkapnya

Susi mengaku bahwa dirinya juga menerima informasi terkait dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku di Blok D tersebut, dimana salah satunya adalah tidak menyewakan lagi ke pihak lain. “Iya, tidak boleh disewakan lagi, harus dipakai, sama juga tidak boleh kosong sampai 3 bulan,” imbuhnya.

Berita Terkait

Terhitung Enam Bulan, Angka Kasus Perceraian di Blora Hampir Tembus Seribu
Bupati Blora Diskusi Dengan Admin Medsos Desa Se -Kecamatan Jiken dan Nginep di Lokasi
Refleksi Perjalanan Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto dalam Buku Terbaru Ahmad Adirin
Jaga Kualitas Daftar Pemilih, Bawaslu Blora Instruksikan Jajarannya Pengawasan Melekat
Ratusan Kepala Desa di Blora Terima SK Perpanjangan Jabatan
Puluhan Ormas dan LSM Akan Dapat Dana Hibah, Berikut Penjelasan Kepala Kesbangpol Blora 
Harapan Besar Pasar Sido Makmur Ber SNI
Siswa SMK di Blora Tahunya Pertamina adalah POM Bensin 

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:02 WIB

Terhitung Enam Bulan, Angka Kasus Perceraian di Blora Hampir Tembus Seribu

Jumat, 5 Juli 2024 - 12:51 WIB

Bupati Blora Diskusi Dengan Admin Medsos Desa Se -Kecamatan Jiken dan Nginep di Lokasi

Rabu, 3 Juli 2024 - 15:09 WIB

Refleksi Perjalanan Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto dalam Buku Terbaru Ahmad Adirin

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:28 WIB

Jaga Kualitas Daftar Pemilih, Bawaslu Blora Instruksikan Jajarannya Pengawasan Melekat

Minggu, 23 Juni 2024 - 15:29 WIB

Ratusan Kepala Desa di Blora Terima SK Perpanjangan Jabatan

Berita Terbaru

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Bambang Cahyo Murdoko memberikan  penghargaan kepada Bupati Blora,Arief Rohman.

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia

Minggu, 14 Jul 2024 - 09:44 WIB

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Punya Potensi Besar

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:05 WIB

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora saat memberikan sosialisasi BLT DBHCHT.

info sosial

Tahun 2024, Jumlah Kuota BLT DBHCHT di Blora Turun

Kamis, 11 Jul 2024 - 17:38 WIB

Gala Dinner di ballroom Hotel Kyriad Arra. Cepu,

Budaya & Wisata

Finalis Duta Wisata Blora Diharapkan Bisa Jadi Entrepreneur Tourism

Rabu, 10 Jul 2024 - 07:56 WIB