BLORABARU
Beranda Advetorial Masuk Pergantian Cuaca, Dinkes Blora Imbau Waspada DBD

Masuk Pergantian Cuaca, Dinkes Blora Imbau Waspada DBD

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Edy Widayat

BLORA, BLORABARU.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Edy Widayat, menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini biasanya melonjak pada pergantian musim kemarau ke awal musim hujan.

Hal tersebut disampaikan pada awak media ini saat di hubungi via pesan aplikasi WhatsApp, pada Senin (04/12/2023) malam.

Baca juga :  Heboh, Ribuan Pendidik PAUD Blora Gelar Tari Kolosal

“Kami berharap bersama-sama dengan masyarakat bisa menjaga lingkungan sekitar saat musim penghujan ini, serta terus menjaga penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat tetap diimplementasikan secara maksimal,” ucap Edy sapaan akrab Kadinkes ini.

Lebih lanjut pihaknya juga mengatakan Dinkes Blora juga telah menginstruksikan kepada fasilitas kesehatan di setiap wilayah untuk mewaspadai secara khusus penyakit-penyakit yang kerap kali melonjak saat musim hujan dengan melakukan edukasi lebih masif lagi kepada masyarakat.

Baca juga :  Memaknai Sifat Positif Burung Merpati Untuk Sukses Pesta Demokrasi

Begitu juga dengan masyarakat diajak untuk melakukan langkah preventif dengan menggencarkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus perlu ditingkatkan.

“Pada intinya itu membersihkan lingkungan serta melakukan 3M (menguras, mengubur atau memilah sampah dan menutup tempat-tempat penyimpanan air). Dan, biasanya kegiatan ini bisa dilakukan tiap pekan, di wilayah lingkungan masing-masing,” ungkapnya.

Baca juga :  Pedagang Sate di Blora Dilantik Jadi Wakil Rakyat, Emban Tugas Hanya Enam Bulan

Warga juga diminta untuk segera melapor apabila ada keluarga atau orang di lingkungannya yang diduga terjangkit salah satu penyakit tersebut.

“Namun kita juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit lain, seperti ISPA dan diare,” tutupnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan