BLORABARU
Beranda Info Pendidikan Kwarcab Blora Dimasa Pandemi, Fokus Peningkatan SDM

Kwarcab Blora Dimasa Pandemi, Fokus Peningkatan SDM

BLORA, BLORABARU. COM – Sebanyak delapan orang tim penguji dari Kwarda Jateng datang ke Kwarcab Blora untuk melakukan penilaian Lomba Kwatir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tergiat Tahun 2022.

Kedatangan mereka, Minggu, 29/5 disambut tari jaranan dan tari tongkat dari adik adik Pramuli dan Dewan Kerja Cabang (DKC) serta diterima langsung Ketua Kwarcab Blora, Pengurus dan Ketua Kwaran.

Ketua Kwarcab Blora, Slamet Pamudji mengatakan hari ini kami menerima tim penguji lomba Kwada Jateng, yang akan menilai kegiatan Kwarcab selama tahun 2021.

Baca juga :  Berdirinya Pramuka Merupakan Salah Satu Pembentukan Karakter Anak

” Kegiatan Penilaian Kwarcab Tergiat ini tidak hanya dijadikan ajang perlombaan semata, namun yang utamanya adalah menjadi evaluasi kinerja dan memotivasi Kwarcab untuk terus aktif melakukan pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka.” ucapnya kepada media blorabaru.com

Selama perlombaan tersebut, Ia mengakui kwarcab Blora tidak ada persiapan khusus, namun sebenarnya lomba ini yang di nilai kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Secara umum tidak ada kendala dalam kegiatan Pramuka, namun tidak dipungkiri  dalam kurun dua tahun terakhir karena  pandemi ada batasan batasan tentang aturan protokol kesehatan yang harus kita taati.

Baca juga :  SDN 5 Jiken, Membuat Taman Kota dari Ecobrik

” Untuk itu Kwarcab Blora dimasa pandemi memfokuskan pada peningkatan SDM pelatih dan pembina artinya kita jarang untuk melibatkan anak anak.” katanya.

Tapi bukan berarti Kwarcab Blora tidak ada kegiatan.

Selain itu, kita juga fokus kegiatan Kwarda yang ada di Kwarcab yaitu melatih, membina baik pembina gudep, pembina dan pengurus Kwaran sampai pelatih.

Dari hasil pelatihan dan peningkatan SDM bisa diaplikasikan ke anak anak.

Baca juga :  Polemik Seragam Sekolah, Direspon Bupati Blora, Ketua DPRD, dan Ketua Komisi D

Menurut Slamet Pamudji, apapun yang namanya Pramuka adalah kegiatan anak anak, prinsipnya Pramuka bukan kegiatan pelatih dan pembina.

Tidak dipungkiri keberhasilan Gerakan Pramuka tidak terlepas dari peran serta semua pihak baik dinas pendidikan, dewan pendidikan, PGRI dan stake holder terkait.

” Dengan pembekalan di masa pandemi kemarin, ini sebagai bekal pada pembinaan anak anak, Goalnya adalah pembinaan karakter sehingga Pramuka bisa menyiapkan dengan karakter yang diharapkan.” pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan