KPU Blora Tetapkan Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

- Jurnalis

Kamis, 21 Januari 2021 - 11:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Blorabaru.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menggelar tapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora tahun 2020.

Rapat digelar di ruang  pertemuan gedung PKPRI Blora Jalan Halmahera Nomor 3, dipimpin ole Ketua KPU Blora M. Khamdun dengan pengawalan ketat petugas keamanan dari Polres Blora dan TNI, Kamis (21/1/2021).

Ketua KPU Blora M. Khamdun mengemukakan kenapa pihaknya tidak segera mengumumkan calon terpilih sebagaimana regulasi, karena KPU menetapkan calon terpilih setelah diterbitkannya surat Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) yang diterbitkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Meskipun setelah pelaksanan rekapitulasi kabupaten, di Blora ini tidak ada pengajuan sengketa oleh pasangan calon yang dinyatakan kalah. Tapi karena itu Pilkada serentak, kemudian pengelolaannya pun menjadi secara serentak,” jelasnya.

Menurutnya, MK sesuai jadwal direcanakan tanggal 18 Januari 2021. Tetapi karena sesuatu dan lain hal MK baru menerbitkan BRPK tanggal 20 Januari 2021.

Dan kami punya waktu lima hari untuk menetapkan pasangan terpilih ketika dalam BRPK tersebut jika tidak terkena musibah.

Baca Juga :  1xbet Официальный Сайт: Мобильная Версия И Многое Другое 1х Официальный Сай

“Jadi hari ini adalah H+1  sejak diterbitkannya buku register tersebut, sehingga hari ini kita tetapkan dalam rangka pleno, pasangan terpilih pemilihan bupati dan wakil bupati Blora tahun 2020,” terangnya.

Adapun penetapan paslon bupati dan wakil bupati  terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Blora tahun 2020 tertuang dalam keputusan KPU Blora nomor 3/PL.02.7-Kpt/3316/KPU-Kab/I/2021.

Pada kesempatan tersebut berita acara penetapan ditandatangani oleh komisoner KPU dan pasangan calon bupati dan wakil Bupati terpilih kabupaten Blora.

“Untuk pelantikan calon bupati dan wakil bupati Blora terpilih nanti kewenangannya pemerintah provinsi. Untuk KPU hanya sampai tahapan penetapan saja,” kata Khamdun, Ketua KPU Blora.

Sebagai informasi, dalam Pilkada Blora 2020 yang dilaksanakan 9 Desember kemarin, diikuti oleh tiga pasangan calon diantaranya pasangan nomor urut satu Dwi Astutiningsih – Riza Yudha (Asri), pasangan nomor urut dua Arief Rohman – Try Yuli Setyowati (Artys), dan pasangan nomor urut tiga Umi Kulsum – Agus Sugiyanto (Umat).

Baca Juga :  Eight Nlp Examples: Pure Language Processing In Everyday Life

Dari ketiga kontestan tersebut pasangan H. Arief Rohman – Tri Yuli Setyowati berhasil keluar sebagai pemenang dengan meraup suara tertinggi yakni 318.380 suara atau 59,71% hingga akhirnya ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

Penetapan paslon dihadiri Forkopimda Blora, pasangan calon dan perwakilan dari paslon peserta Pilkada Blora 2020.

Pada saat yang bersamaan sejumlah Relawan ARTYS (Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati) mengadakan bakti sosial dengan membagikan jajanan pasar gratis ke masyarakat Blora, Kamis (21/1/2021) pukul 14:00 WIB.

Seperti diketahui, pasangan H. Arief Rohman, M.Si – Tri Yuli Setyowati, ST, MM (ARTYS) dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Blora setelah meraih suara terbanyak dengan 318.380 suara. Sedangkan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (UMAT) mendapatkan 199.646 suara, dan paslon Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetya (ASRY) memperoleh 15.187 suara.

Adapun total suara sah berdasarkan perhitungan resmi KPU Blora sebanyak 533.213 suara. Tercatat suara tidak sah sejumlah 10.970 suara. Sehingga total partisipasi pemilih 544.183 suara.

Berita Terkait

Warga Blora Temukan Fosil Gading Gajah Purba di Sungai Bengawan Solo
Teh Point Indonesia Gelar Lomba Mengambar
Dirut Perum Bulog, Tinjau Penggilingan Produksi Beras di CV Sumber Makmur Blora
Mantan Ketua DPRD Blora, Terpilih Secara Aklamasi Menjadi Ketua DPC HKTI Blora
Blackjack-deluxe
Wakapolri Resmikan Rumah Sakit Bhayangkara Blora
Discount casino yeni giriş
Polres Blora Gelar Konferensi Pers Penindakan Knalpot Brong

Berita Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 19:24 WIB

Warga Blora Temukan Fosil Gading Gajah Purba di Sungai Bengawan Solo

Minggu, 25 Februari 2024 - 16:36 WIB

Teh Point Indonesia Gelar Lomba Mengambar

Sabtu, 24 Februari 2024 - 20:14 WIB

Dirut Perum Bulog, Tinjau Penggilingan Produksi Beras di CV Sumber Makmur Blora

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:58 WIB

Mantan Ketua DPRD Blora, Terpilih Secara Aklamasi Menjadi Ketua DPC HKTI Blora

Rabu, 7 Februari 2024 - 00:30 WIB

Blackjack-deluxe

Berita Terbaru

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Bambang Cahyo Murdoko memberikan  penghargaan kepada Bupati Blora,Arief Rohman.

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia

Minggu, 14 Jul 2024 - 09:44 WIB

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Punya Potensi Besar

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:05 WIB

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora saat memberikan sosialisasi BLT DBHCHT.

info sosial

Tahun 2024, Jumlah Kuota BLT DBHCHT di Blora Turun

Kamis, 11 Jul 2024 - 17:38 WIB

Gala Dinner di ballroom Hotel Kyriad Arra. Cepu,

Budaya & Wisata

Finalis Duta Wisata Blora Diharapkan Bisa Jadi Entrepreneur Tourism

Rabu, 10 Jul 2024 - 07:56 WIB