BLORABARU
Beranda Info Publik KPU Blora Bakar Surat Suara yang Rusak

KPU Blora Bakar Surat Suara yang Rusak

BLORA, BLORABARU.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora membakar belasan ribu surat suara yang rusak dan tidak dapat disalurkan ke tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Blora Widy Nurintan Ary Kurnianto mengatakan, semua surat suara itu dinyatakan logistik yang tidak terpakai. Untuk antisipasi potensi kecurangan, semua logistik itu dibakar.

‘’Rincian surat suara yang dibakar itu totalnya 12.841. Untuk surat suara presiden yang rusak jumlahnya 4.993 lembar, DPR 1.242 lembar, DPD 4.722 lembar, DPRD provinsi 1.097 lembar dan DPRD kabupaten 787 lembar,’’ jelasnya.

Baca juga :  Dinkominfo Blora Gandeng Pewarta Menimba Ilmu Konvergensi Media

Dia menjelaskan, bahwasannya pemusnahan surat suara itu merupakan bagian kegiatan dari KPU. Sesuai dengan surat dari KPU Provinsi Jawa Tengah No 691/PP.08.03.SD/33/2024 tentang pemusnahan surat suara pemilu.

“Sebelumnya kami dan jajaran KPU Blora telah melaksanakan distribusi surat di 16 kecamatan. Dengan adanya kelebihan surat suara dan terjadinya kerusakan surat suara pasca sortir itu maka kami lakukan kegiatan pemusnahan yang disaksikan kepolisian dan Bawaslu Blora,’’ ucapnya.

Baca juga :  Bupati Gandeng Poltekkes Kemenkes Bantu Entaskan Kemiskinan dan Stunting di Blora

Sementara itu, Koordnator Divisi (Kordiv) Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P2H) Bawaslukab Blora, Muhammad Musta’in akui pihaknya telah memberikan rekomendasi terhadap logistik-logistik yang rusak.

Pihaknya selama ini telah melakukan patroli setiap malam untuk memastikan barang-barang tersebut layak untuk digunakan.

“Hampir tiap hari kami keliling hingga pelosok Blora. Memang kebanyakan yang rusak itu di kawasan yang jauh dari kota,’’ jelasnya.

Baca juga :  BLORA MENYAPA DI DESA TANGGEL JADI AJANG CURHAT PADA BUPATI

Ia juga mengatakan, terbaru ini, pihaknya menemukan puluhan kotak suara rusak bolong dan sobek.

Dirinya juga langsung memberikan surat rekomendasi perbaikan ke KPU setempat untuk ditindaklanjuti.

‘’Kemarin malam yang terbaru itu dari Kradenan. Rusak bolong dan robek. Kemungkinan karena kendaraan pengangkut logistik itu lewat jalan yang bergelombang,’’ pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan