BLORABARU
Beranda Info Publik Keren – Sosialisasi Bangga Kencana di Desa Sidomulyo Banjarejo

Keren – Sosialisasi Bangga Kencana di Desa Sidomulyo Banjarejo

Blorabaru.com, BLORA, Dalam rangka meningkatkan cakupan kepesertaan KB, Kecamaan Banjarejo mengadakan Rapat Koordinasi dan Fasilitasi bagi PPKBD se-Kecamatan Banjarejo, Rabu (12/4/2021).

PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa) adalah kader KB yang merupakan ujung tombak pelaksanaan program KB di tingkat desa/dusun.

Keberadaan PPKBD ini diharapkan mampu meningkatkan capaian program di bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera termasuk di dalamnya cakupan kepesertaan KB, mengaktifkan kembali kelompok UPPKS dan kelompok Bina Keluarga (BKB,BKR,BKL) yang ada di wilayahnya.

Ikut hadir dalam pelaksanaan kegiatan Anggota DPRD blora komisi D,Kepala Dinas Dalduk KB kab Blora,dan Forkopincam kecamatan Banjarejo serta Koordinator lapangan (Korlap) Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) kecamatan Banjarejo .
Camat Banjarejo Moechamad Zainuri, S. Sos mengatakan Program Bangga Kencana ( Program Pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana adalah program yg berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran dlm pembangunan.
“Program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pendidikan sehingga terbentuk keluarga yg berkualitas”, Jelasnya .

Baca juga :  SMSI Jateng dan Peradi Ngobras di Radio, Apa Makna Pers Berbadan Hukum

Oleh karena itu, peran dan kompetensi IMP perlu dimaksimalkan guna membangun Indonesia dari keluarga sesuai butir ke-5 Nawacita yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dimana poin pertamanya bertumpu pada pembangunan kependudukan dan keluarga berencana. Itulah sebabnya, untuk menguatkan kader IMP,  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA)  Kabupaten Blora giat melakukan pembinaan .

Baca juga :  BUPATI JAJAKI KERJASAMA BUDIDAYA SORGUM DI KABUPATEN BLORA

Karena ini adalah merupakan suatu upaya untuk pengarahan, evaluasi program kemarin. Dan kalau ada masalah-masalah kita juga bisa menyampaikan di sini.  Ini adalah dalam rangka untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan atau program KB di tahun 2021  supaya lebih bagus lagi,” katanya .

Pembinaan IMP yang telah dilaksanakan selama ini, menurut Zainuri berfokus pada pendataan. Hal itu karena pendataan dinilai penting. “Karena dengan data ini kita bisa mengerti. Yang pertama adalah tentang bagaimana KB yang ada di desa. Yang kedua adalah pembangunan keluarga yang ada di desa.
Ia juga berharap, keberadaan kader IMP sebagai bagian dari penggerak kegiatan pembangunan di lapangan  mampu melaksanakan fungsinya dengan baik “, Bebernya .

Baca juga :  Gelar Gebyar Hadiah Undian Tabungan 2023 Sebagai Apresiasi BPR BKK Blora kepada Nasabah

Mengingat pembangunan bidang kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga tidak mungkin dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah tanpa melibatkan peran serta masyarakat.

MO2N

Komentar
Bagikan:

Iklan