BLORABARU
Beranda Berita Info Kesehatan HUT IIDI ke 68, Gelar Talkshow Cegah Stunting

HUT IIDI ke 68, Gelar Talkshow Cegah Stunting

BLORA, BLORABARU.COM – Dalam rangka memperingati HUT IIDI ke 68 dan Hari Jadi Blora ke 273 dengan tema “IDI dan IIDI Bersinergisitas Mencegah dan Mengatasi Stunting.” dan mengelar acara Talk Show Kesehatan Reproduksi Remaja yang dipusatkan di Alon Alon Blora bersamaan dengan Car Free Day. Minggu, 18/12/22

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Blora, dr. Saifuddin Jamil mengatakan bahwa kegiatan ini, juga menggandeng Pelajar dari 10 sekolah di Kabupaten Blora.

Selain itu, kegiatan ini juga menggelar Donor Darah, Vaksinasi, Bazar dan lain- lain.

Baca juga :  Rendahnya Animo Lansia Tentang Vaksin, Ini Strategi Yang Dilakukan Dinkes

Lebih jauh dr. Jamil menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan masyarakat pentingnya pencegahan stunting dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan cek kesehatan secara berkala sebagai upaya pencegahan risiko kesehatan.

“Di kabupaten Blora sendiri, angka stunting lumayan tinggi, akan tetapi untuk penangananya sudah berangsur lumayanlah, bisa di cegahlah. Yang penting kalau sudah stunting itu pencegahan yang utama, kalau sudah stunting itu lebih repot, daripada mencegah,” ucapnya.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan aspek gizi dan perilaku buah hatinya sejak dini bahkan sejak masa remaja,” imbuhnya kembali.

Baca juga :  Vaksin HPV Gratis, Ini Manfaatnya

Sementara itu Ketua IIDI Cabang Kota Blora Nur Farhati Saifuddin Jamil mengemukakan, selain pencegahan stunting, tema yang di ambil juga kesehatan Reproduksi.

“Tema hari ini juga kesehatan reproduksi, terus ada pemeriksaan PHB, tadi ada bersama- sama minum tablet tambah darah buat remaja putri, Kemudian ada konsultasi gizi,” terangnya.

“Kita juga membagikan contoh menu sayur sebagai makanan bergizi, itu dalam rangka untuk pencegahan dari sejak dini. Jadi anak- anak sejak remaja sudah disiapkan, intinya agar selanjutnya tidak kimia yang itu menjadi salah satu penyebab stunting,” terangnya kembali.

Lebih lanjut, dirinya juga meceritakan bahwasanya Talk Show tersebut juga berkolaborasi dengan stakeholder yang ada di pemerintahan kabupaten Blora.

Baca juga :  Berikut Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan tentang Monkeypoy

“Berkolaborasi dengan inspektorat, kemudian juga dengan PMI Blora Dengan mengadakan Donor darah, dan juga Garasi sale, dimana kita menjual beberapa produk dengan satu harga, tujuannya untuk membantu masyarakat, kemudian juga ada pemeriksaan kesehatan dan juga Vaksinasi, serta dari dindukcapil ada pembuatan E-KTP,” tutupnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan