BLORABARU
Beranda Budaya & Wisata Grebeg Kelurahan Bangkle, Warga Anthusias Berebut Gunungan

Grebeg Kelurahan Bangkle, Warga Anthusias Berebut Gunungan

BLORA, BLORABARU.COM – Ratusan warga Kelurahan Bangkle, Kecamatan/Kabupaten Blora, Jawa Tengah antusias berebut dua gunungan, saat acara Grebek Kelurahan ke 243, di makam leluhur Astana Sentana Putra.

Rebutan gunungan itu, dengan maksut untuk ngalap berkah (mendapat berkah) setelah didoakan oleh modin atau sesepuh Kelurahan tersebut.

Siti Masruroh, salah satu warga yang ikut berebut gunungan berisi sayuran itu mengaku sayuran dan buahan itu untuk masak agar sejahtera dan rejekinya lancar.

Baca juga :  Desa di Kabupaten Blora, Menjadi Salah Satu Wisata Terbaik Indonesia

“Dapat banyak, ada sayuran jeruk. Nanti untuk masak dan pakan ayam, harapanya agar warga Bangkle, Blora sejahtera, rejikinya lancar,” kata Masruroh, Rabu (8/6/2022).

Acara grebek Kelurahan atau sedekah bumi ini dilaksanakan setiap tahun pada Rabu Kliwon.

Baca juga :  Haul Eyang Dipojoedo di Tambaksari Blora

Kepala Kelurahan Bangkle Andy Nurrohman, mengatakan ini acara seperti ini baru pertama kali digelar setelah terhenti selama dua tahun karena pandemi.

Warga antusias karena kemeriahan acara grebek Kelurahan tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran ada kirab budayanya.

“Acara diawali dengan berbagai kegiatan, mulai dari kerja Bhakti, gotong royong, pengajian kirab pusaka, kirab budaya ziarah ke makam Lurah terdahulu, dan terakhir ke makam mbah Sentono,” ucap Andy.

Baca juga :  Dindagkop UKM Blora Siapkan 50 Stand Digebyar Bazar Ramadhan 

Ditambahkan Andy, tujuan dari pada grebek desa itu supaya ada kesejahteraan khususnya rakyat Bangkle umumnya masyarakat Blora.

“Grebek Kelurahan ini tujuan utamanya adalah gotong royong. Mulai masyarakatnya, lembaganya maupun pemerintahnya. Semuanya harus kompak,” jelasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan