Dinas PMD Blora Dorong Kepala Desa Pahami Hukum

- Jurnalis

Jumat, 16 Februari 2024 - 10:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BLORA, BLORABARU.COM  – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kini rajin melakukan pendampingan terhadap para kepala desa dan perangkatnya.

Pendampingan itu terkait dengan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintahan.

Menurut Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Blora, Heksa Wismaningsih, pihaknya terus melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kita berupaya memberikan pendampingan kepada pemerintah desa dan juga ke perangkatnya,” ujar Heksa, panggilannya pada awak media.

Ia menyebutkan, untuk proses pendampingan, Dinas PMD Kabupaten Blora berkoordinasi instansi lain yang berkaitan dengan temanya.

Misalnya, terkait dengan tata kelola pemerintahan dalam pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa.

“Jika materinya soal tata kelola desa atau berkaitan dengan masalah hukum, kita (Dinas PMD) berkoordinasi dengan bagian hukum Setda kabupaten Blora untuk program pendampingan melek hukum,” tandasnya.

Baca Juga :  Blora Masih Didominasi Strata Desa Berkembang 

Peningkatan SDM Pemerintah Desa

Sementara itu terkait dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk perangkat di Pemerintahan Desa, Dinas PMD Kabupaten Blora mendorong untuk peningkatan pendidikan.

Misalnya, saat penerimaan perangkat desa untuk proses seleksi, maka pendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

“Untuk perangkat desa proses seleksinya, pendidikan paling rendah SMA atau yang sederajat,” tandas Heksa.

Dikatakan Heksa, di Kabupaten Blora terdapat 271 kepala desa. Tetapi dari jumlah tersebut, kepala desa yang sudah punya gelar sarjana hanya 53 orang.

Ke depannya, lanjutnya, sudah ada sistem untuk peningkatan kapasitas. Misalnya dalam proses penjaringan dan penyaringan seleksi perangkat desa ada beberapa hal terkait dengan kemampuan pengetahuan. Seperti bagaimana perangkat desa dalam mengoperasikan komputer.

Baca Juga :  Pencairan Dana Desa Tahun 2024 Berbeda, Simak Penjelasannya

“Jadi, ada ujian kemampuan mengoperasionalkan computer. Sehingga secara langsung perangkat desa yang ada melek akan teknologi informatika,” tandasnya.

Program RPL Desa

Sebagai catatan, Pemerintah Kabupaten Blora telah memberikan subsidi beasiswa 50% UKT untuk kuliah Sarjana bagi Kades, Perangkat Desa dan Penggiat Desa Lainnya. Yaitu melalui program RPL Desa (Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa) yang jadi pilot project nasional dari Kemendes PDTT RI

Kabupaten Blora sendiri menjadi yang ke 2 setelah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Kerjasama Program RPL Desanya Pemerintah Kabupaten Blora dengan UNNES untuk 273 mahasiswa yg mendapatkan subsidi beasiswa 50% UKT.

Sedangkan sekarang sudah berjalan. Untuk semester 1, anggaran 273 orang × 2.700.000 -. Nanti hanya selama 4 semester sudah lulus Sarjana, yang seharusnya 8 semester karena ada RPL Desa jadi 4 semester.

Berita Terkait

Pencairan Dana Desa Tahun 2024 Berbeda, Simak Penjelasannya
Blora Masih Didominasi Strata Desa Berkembang 

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 06:20 WIB

Pencairan Dana Desa Tahun 2024 Berbeda, Simak Penjelasannya

Minggu, 18 Februari 2024 - 06:39 WIB

Blora Masih Didominasi Strata Desa Berkembang 

Jumat, 16 Februari 2024 - 10:22 WIB

Dinas PMD Blora Dorong Kepala Desa Pahami Hukum

Berita Terbaru

Kepala Desa Tempuran, Keman.

Pertanian

Di Blora Petani Milenial Sangat Minim

Selasa, 16 Jul 2024 - 08:36 WIB

Pertanian

Isu Pangan Mencuat, Berikut Penjelasan Bupati Blora

Senin, 15 Jul 2024 - 23:09 WIB

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Bambang Cahyo Murdoko memberikan  penghargaan kepada Bupati Blora,Arief Rohman.

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia

Minggu, 14 Jul 2024 - 09:44 WIB

Budaya & Wisata

Desa Wisata Bangowan Punya Potensi Besar

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:05 WIB