BLORABARU
Beranda Religius Di Blora Hanya Gelar Tarawih Keliling dan Santunan

Di Blora Hanya Gelar Tarawih Keliling dan Santunan

BLORA, BLORABARU.COM – Safari Ramadhan 1444 H yang digelar Pemerintah Kabupaten Blora kali ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu. Pasalnya berkenaan dengan adanya himbauan Presiden terkait larangan buka bersama bagi pejabat publik.

Maka Bupati H. Arief Rohman memutuskan hanya menggelar Tarawih Keliling dan Santunan bagi masyarakat kurang mampu yang dikemas dalam acara “Blora Menyapa Edisi Ramadhan”.

Sebagai pembuka, tadi malam, Senin (27/3/2023) telah dilaksanakan Blora Menyapa Edisi Ramadhan yang perdana di Masjid Moetiah Sawahan, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora Kota. Tampak hadir Bupati H. Arief Rohman, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, Dandim 0721/Blora, Danyon 410/Alugoro, dan perwakilan Kapolres.

Acara diawali dengan sholat isyak berjamaah, dan sholat tarawih berjamaah yang diimami oleh KH. Muharror Ali, Ketua MUI Kabupaten Blora. Selanjutnya santunan, penyerahan bantuan sosial bagi duafa dan masyarakat kurang mampu oleh Bupati bersama Baznas, dan Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4). Sekaligus dialog dengan masyarakat, dan pengajian bersama.

Baca juga :  Sembahyang Cap Go Meh, Mohon Kepada Tuhan Supaya Covid-19 Segera Berakhir

Bupati menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden, maka pihaknya hanya menyelenggarakan Tarawih Keliling dan Santunan.

“Mulai semalam kita mulai laksanakan Tarawih Keliling dan Santunan, yang dilaksanakan secara sederhana. Jika biasanya pembukaan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, kini kita gelar sederhana di Masjid Kampung, Masjid Moetiah yang ada di Sawahan. Selanjutnya kami akan keliling ke seluruh Kecamatan, 16 Kecamatan, sekaligus menyapa masyarakat, mendengarkan masukan dan saran pembangunan,” ucap Bupati.

Baca juga :  Launching Gerakan Masyarakat Desa "Magrib Mengaji"

Sedangkan santunan yang diserahkan, menurut Bupati bersumber dari hasil pengumpulan zakat para ASN yang dikumpulkan pada Baznas Kabupaten Blora, dan sembako beras ketahanan pangan dari DP4.

“Untuk tarawih keliling di Kecamatan nanti tidak ada undangan resmi, akan dilaksanakan secara sederhana bersama masyarakat. Kami lebih menekankan pada kegiatan ibadah bersama dan berbagi, tidak ada undangan buka bersama,” kata Bupati.

“Nanti sore rencananya Blora Menyapa edisi Ramadhan ke Kecamatan Japah dengan kegiatan santunan dan dialog bersama. Malamnya ke Kecamatan Todanan dengan tarawih keliling dan santunan,” sambung Bupati.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa meningkatkan silahturahmi dengan masyarakat untuk bersama-sama meraih keberkahan bulan Ramadhan 1444 H.

Baca juga :  Menag Lantik Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah

Terpisah, Irfan Agustian Iswandaru, selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Moetiah, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Blora yang telah memilih Masjid Moetiah Sawahan sebagai lokasi pembukaan program Blora Menyapa Edisi Ramadhan.

“Terimakasih Pak Bupati dan jajaran, sebuah kehormatan bagi kami karena masjid yang baru diresmikan dua pekan lalu ini dipilih menjadi lokasi pembukaan Blora Menyapa edisi Ramadhan. Semoga berkenan dan kami mohon masukannya agar kedepan Masjid ini bisa terus memberikan manfaat untuk umat, masyarakat di sekitarnya,” ungkap Irfan.

Komentar
Bagikan:

Iklan