BLORABARU
Beranda Berita Info Kesehatan Berikut Penjelasan Kepala Dinkes Blora, Tentang Akreditasi

Berikut Penjelasan Kepala Dinkes Blora, Tentang Akreditasi

BLORA, BLORABARU.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mendorong akreditasi rumah sakit, puskesmas dan klinik.

Ini dilakukan sebagai upaya terbaik untuk memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat utamanya tentang kesehatan.

“Kesehatan di Blora harus terakreditasi, dua rumah sakit negeri dan rumah sakit swasta di Blora juga sudah terakreditasi.” demikian keterangan langsung, Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edy Widayat kepada blorabaru.com diruang kerjanya. Rabu, 1/11/2023.

Selain rumah sakit, lanjut kata Edy saat ini proses sampai Bulan Desember 26 puskesmas dan klinik swasta harus terakreditasi

Baca juga :  Ini Penjelasan Plt. Dinkes Blora, Tentang PPKM Level 4

“Artinya, akreditasi ini diperlukan untuk kerjasama dengan BPJS, karena ini menjadi salah satu syarat utama yang harus dipenuhi.” bebernya.

Kembali ia menambahkan bahwa tujuan dari akreditasi ini untuk menyamakan standard pelayanan diseluruh unit pelayanan kesehatan.

Standard itu meliputi standard operating prosedur, standard tenaga dan standard pelayanan pelayanan yang lain.

Dengan demikian diharapakan pelayanan Puskesmas Ngroto dan Puskesmas Blora standarnya sama.

Baca juga :  PEMKAB GANDENG POLTEKKES KEMENKES DAN KOMISI IX DPR RI, SOSIALISASIKAN GERMAS UNTUK TINGKATKAN IMUNITAS

“Intinya, membuat pelanggan kita aman, petugas aman dan pada dasarnya pelayanan itu memuaskan.” pintanya.

Menurut Edy, penilaian ini dilakukan oleh lembaga penilai akreditasi (LPA) yang sudah terakreditasi dan disetujui oleh Kemenkes.

Dimana semua unsur yang terlibat dalam pelayanan dinilai diantaranya manusia, alat, fasilitas ruangan, prosedurnya, kerjasama lintas sektoral dan kebijakan.

Untuk diketahui, status akreditasi ada dasar, madya, utama dan paripurna sekarang ini baru berproses akreditasi.

Baca juga :  Ini Hasil Pencapaian Vaksinasi Anak di Blora

Selanjutnya, mereka surveyer melakukan pemotretan, baik yang dilihat dan dibaca dari puskesmas itu dan hasilnya dilaporkan ke TIM Kemenkes untuk dilakukan akreditasi.

“Harapan kami sesuai dengan tujuan dari akreditasi, semua tertata baik standard pelayanan, mutu pelayanan, standard kompetensi pelayan dan standard saran prasaran tercukupi dengan harapan mampu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang aman, nyaman dan puas.” demikian pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan