BLORABARU
Beranda Berita Desa & Kelurahan Antisipasi  Covid-19 – Ini Yang Dilakukan Pemerintah Desa Pilang

Antisipasi  Covid-19 – Ini Yang Dilakukan Pemerintah Desa Pilang

Blora, blorabaru.com – Dalam rangka Pengendalian dan Pencegahan Penularan Covid-19, Pemerintah Desa Pilang, Kecamatan Randu Blatung Kabupaten Blora selalu melakukan upaya pengendalian Covid-19 di wilayahnya, pada Senin (6/9/2021).

Kepala Desa Pilang, Suyatno menjelaskan, hal ini dilakukan, melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blora yang semakin membaik .

Pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 menjadi tugas dan tanggung jawab bersama warga Desa Pilang. Selain penanganan penyebaran Covid-19 pemerintah desa bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan covid – 19 dengan memberikan edukasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 .

Untuk menekan tingkat keterisian kamar rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR), Pemerintah Desa Pilang memperkuat strategi isolasi mandiri baik di rumah maupun pusat isolasi desa/kelurahan.

Baca juga :  Kepala Dinas PMD Blora : Ingatkan Netralitas Kepala Desa dan Jajaran dalam Pemilu

Suyatno mengatakan, strategi tersebut antara lain menahan pasien COVID-19 bergejala ringan agar tidak dirawat di rumah sakit. Tetapi, bersama pasien tanpa gejala mereka diharuskan melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di pusat isolasi yang ada di setiap desa/ kelurahan.

Menurut Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Kementerian Kesehatan RI Karantina adalah proses mengurangi risiko penularan dan identifkasi dini Covid-19 melalui upaya memisahkan individu yang sehat atau belum memiliki gejala Covid-19 tetapi memiliki riwayat kontak dengan pasien konfirmasi Covid-19 atau memiliki riwayat bepergian ke wilayah yang sudah menjadi transmisi lokal .

Baca juga :  Pemkab Blora Gelontorkan Puluhan Milyar untuk Desa

Menurutnya, dengan mengetahui perkembangan dalam penanganan COVID-19, pemerinta desa Pilang dapat menentukan langkah yang dilakukan untuk memaksimalkan dalam penanganannya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Kepada Masyarakat penanggulangan Covid-19 di Desa Pilang dapat membantu mengoptimalkan program pencegahan penyebaran Covid-19. Metode penyelesaian masalah dalam pencegahan penyebaran covid – 19 terdiri dari pembuatan alat peraga seperti poster untuk edukasi tentang Covid-19 dan penanggulangannya, pendataan warga prioritas, pembagian sembako kepada masyarakat prioritas, penyemprotan desinfektan, pembagian masker, dan kotak PPPK, tabung oksigen, bad (tempat tidur pasien),

Baca juga :  Camat Kunduran "Niatkan Bekerja Karena Ibadah"

“Dibutuhkan komunikasi yang intens, terkait bagaimana penanganan isolasi mandiri dan pasien yang meninggal maupun yang sembuh yang mana ini merupakan kekhawatiran kita dalam Covid-19 ini,” ucapnya.

Pemerintah Desa berharap dengan adanya dilengkapi dengan kotak PPPK, tabung oksigen, bad (tempat tidur pasien), kegiatan tersebut dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 atau Coronavirus di wilayah desa Pilang khususnya .

Arif

Komentar
Bagikan:

Iklan