BLORABARU
Beranda Info Kesehatan Dinas Kesehatan Blora Lakukan Fogging, Masyarakat Diminta Waspada

Dinas Kesehatan Blora Lakukan Fogging, Masyarakat Diminta Waspada

BLORA, BLORABAEU.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupatan Blora lakukan fogging untuk mencegah kasus Demam Berdarah (DB).

Selain itu, dinas setempat menghimbau masyarakat untuk rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilaukukam rutin seminggu 2 kali.

Tindakan ini menyusul sebagai respon, temuan kasus di sejumlah titik di Kecamatan Blora.

“Hari ini, kami melakukan fogging di wilayah Kelurahan Mlangsen, Kelurahan Kedungjenar dan Kelurahan Kauman.” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, melalui Sub Koordinator bidang pencegahan dan penyakit menular, Sutik. Jumat, 26/1/2024.

Kemudian Sutik menjelaskan meski, saat ini tidak dilakukan agenda rutin terkait fogging namun tindakan foging akan dilakukan sesuai dengan hasil penyelidikam hasil epidemologi dari puskesmas.

“Nanti, kalau ada kasus selanjutnya dilakukan penyelidikan epidemologi kalau sesuai dengan kriteria baru kita akan melakukan foging di wilayah tersebut.” imbuhnya melanjutkan.

Salain itu, upaya pencegahan untuk menekan kasus demam berdarah dengan melakukan sosialisasi.

Artinya, kegiatan sosialisasi itu dilakukan promkes, puskesmas, siaran keliling dan radio secara intensif.

Pihaknya juga berharap agar dari pihak sekolah dan masyarakat lebih giat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Paling tidak seminggu 2 kali, hal ini dilakukan sekaligus untuk mendidik dan melatih kesadaran anak.

“Saya menghimbau kepada masyarakat tentang musim demam berdarah ini, banyak rumah sakit yang dipenuhi orang terduga DB, DBD. Untuk itu masyarakat tingkatkan kewaspadaan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan untuk anak ke sekolah pakai oles atau pakaian lengan panjang untuk mencegah DB.” ujarnya.

Guru SD 1 Mlangsen, Sri Lestari bersama muridnya.

Menanggapi itu, Guru SD Mlangsen 1, Sri Lestari mengucapakan terima kasih atas tindakan foging yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora.

“Saya ucapkan terima kasih, kepada dinas kesehatan yang telah melakukan fogging di SD 1 Mlangsen.” ucapnya.

Ia mengungkapkan beberapa waktu kemarin sebanyak lima anak dari SD Mlangsen kena DB.

“Untuk itu, kami berharap wali murid untuk menjaga kebersihan lingkungan baik di sekolah dan dirumah.” pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan