BLORABARU
Beranda Info Publik Presiden Jokowi Lebih Peduli Dunia Pendidikan

Presiden Jokowi Lebih Peduli Dunia Pendidikan

BLORA, BLORABARU.COM – Kepedulian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk dunia pendidikan tidak diragukan lagi. Dimasa pemerintahanya mengucurkan anggaran puluhan triliun yang difokuskan untuk dunia pendidikan.

Progam unggulan yang berpihak pada dunia pendidikan ini bisa dirasakan sebagian besar anak sekolah mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama SMP dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat bahkan untuk anak kuliah.

“Persaingan kedepan akan semakin sulit, oleh sebab itu yang namanya Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci persaingan antar negara dan persaingan antar individu dengan individu.” demikian Sambutan Presiden Joko Widodo, saat penyerahan Progam Indonesia Pintar di GOR Mustika, Selasa, 23/1/2024.

Dengan adanya Progam Indonesia Pintar itu Presiden berharap anak anak harus sekolah semuanya.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan kepada anak SD, SMP, SMA dan SMK. Penerima KIP diharapkan agar digunakan untuk kebutuhan sekolah.

“Kartu Indonesia Pintar untuk anak SD Rp. 450 ribu, anak SMP Rp. 750 ribu dan untuk anak SMA/SMK yang sebelumnya Rp. 1 juta menjadi Rp. 1.8 Juta.” sebutnya melanjutkan.

Selain Kartu Indonesia Pintar, Presiden Jokowi juga menyampaikan adanya Kartu KIP untuk kuliah. Dengan harapan anak yang pintar pintar bisa kuliah.

Artinya, dengan adanya KIP Kuliah tidak berfikir masalah biaya karena pemerintah menyediakan KIP Kuliah ataupun LPDP.

“Baik, di dalam negeri ataupun sekolah diluar negeri dijamin KIP Kuliah maupun LPDP.” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi bapak dan ibu diajak untuk mendampingi dan mengawasi agar anak anak terus belajar.

Pemerintah menyediakan ini, jadi harus dimanfaatkan sebesar besarnya. Untuk itu kembali Presiden Jokowi menginginkan semua anak harus yang rajin, semangat, tangguh dan belajar terus.

“Untuk Kartu Indonesia Pintar, Pemerintah menyiapkan anggaran Rp. 11 Triliun, yang digunakan untuk 20 juta siswa diseluruh tanah air Indonesia. Sedangkan KIP Kuliah pemerintah menyediakan Rp 12,8 Triliun agar anak anak kuliah semuanya. Dan yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah sebanyak 960 ribu anak.” pungkas Jokowi.

Komentar
Bagikan:

Iklan