BLORABARU
Beranda Advetorial Upacara Resmi Perdana Peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora Diapresiasi Mantan Pejabat

Upacara Resmi Perdana Peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora Diapresiasi Mantan Pejabat

BLORA, BLORABARU.COM – Mantan pejabat Blora yang telah purna tugas menyampaikan apresiasi positif atas diselenggarakannya upacara resmi perdana peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora yang dipimpin Bupati Blora H. Arief Rohman di Alun-alun Blora, Senin (11/12/2023).

Salah satunya disampaikan oleh Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) H. Bambang Sulistya.

“Kami yang mewakili dari kelompok para purna tugas baik tergabung dalam organisasi PWRI, Pepabri maupun Veteran Kabupaten Blora memberikan apresiasi positif atas langkah cerdas dalam nguri-uri budaya yang mampu menumbuhkembangkan spirit rasa cinta, kekeluargaan, kerukunan dan bangga memiliki Bumi Blora Mustika. Selamat Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora semoga Blora semakin Maju, Unggul dan Sejahtera,” kata Bambang Sulistya yang juga mantan Sekda Blora.

Menurut Bambang Sulistya, kegiatan upacara peringatan Hari jadi ke-274 Kabupaten Blora yang digelar Senin 11 Desember 2023 di Alun-alun merupakan sejarah baru.

“Karena baru pertama kali sejak 274 tahun yang lalu tepatnya 11 Desember 1749 diselenggarakan kegiatan upacara secara resmi dengan inspektur upacara Bupati Blora H.Arief Rohman,” ucapnya.

Upacara itu dihadiri oleh berbagai elemen masyararakat di antaranya Forkopimda plus ,Anggota DPRD, Kepala OPD,Camat, organisasi wanita, BUMN/BUMD, Instansi Vertikal, Kepolisian, Militer, Organisasi Kepemudaan, Keagamaan, PWRI, Pepabri,Veteran,Pramuka, Pelajar SMA sederajat, Mahasiswa dan para ASN dari berbagai OPD.

“Memang sejak era orde baru setiap peringata Hari Jadi Kabupaten Blora,yaitu tanggal 11 Desember selalu diadakan kirab budaya namun untuk tahun 2023 hari jadi diselenggarakan kegiatan upacara secara resmi sedangkan kirab budaya dilaksanakan kemarin minggu 10 Desember 2023. Ini luar biasa,” terangnya.

Dalam rangkaian kegiatan upacara Hari jadi Kabupaten Blora 274 ada berbagai inovasi baru yang diciptakan, antara lain, pertama, pembacaan sejarah singkat Kabupaten Blora.

“Ternyata sejak 11 Desember 1749 sampai 11 Desember 2023 sudah tercatat ada 31 orang Bupati yang pernah memimpin di Bumi Blora Mustika. Bupati pertama adalah Raden Temenggung Wilatikta yang diangkat oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Mataram),” jelasnya.

Dan saat ini Bupati Blora H.Arief Rohman yang berpasangan dengan wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

“Bahkan menjadi sejarah bagi Pak Komang Gede Irawadi yang saat ini masih sebagai Sekda Blora juga terukir dalam Sejarah Blora sebagai PLH Bupati Blora,” lanjutnya.

Kedua para peserta upacara mayoritas mengenakan seragam lengkap samin kecuali para peserta dari organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, keagamaan dan organisasi wanita memakai seragam organisasi masing-masing.

Kemudian, ketiga ditampilkan gerebeg gunungan yang berasal dari seluruh kecamatan dan seluruh OPD. Sehingga tercipta suana gayeng penuh riuh rendah kegembiraan dari para peserta upacara utamanya anak-anak sekolah berlomba untuk berebut makanan baik berupa jajanan,buah buahan,sayur mayur maupun hasil bumi ketela, jagung, kacang tanah yang ada digunungan.

“Mungkin di masa depan agenda gerebeg gunungan perlu diatur agar makin meriah dan menghibur,” tandasnya.

Keempat, diselenggarakan doa bersama untuk memohon agar Blora selalu dalam situasi yang kondusif,aman damai ,dan guyub rukun paseduluran saklawase dan khususnya dalam pesta Demokrasi 2024 bisa terwujud secara luber, jurdil, lancar dan sukses.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Blora mengajak kepada seluruh elemen masyarakat saling bekerja sama dengan sesanti ringan sama dijijing dan berat sama dipikul untuk sesarengan mbangun Blora dalam mewujudkan Blora yang unggul dan berdaya saing.

Disamping itu Gus Arief panggilan akrab sehari-hari Bupati Blora, menyampaikan ucapan terimakasih atas berbagai dukungan dan batuan dari segenap elemen masyarakat sehingga kegiatan pembangunan bisa berjalan lancar dan mohon doanya agar diberikan kesehatan dalam mengemban amanah. (ADV DINKOMINFO BLORA)

Komentar
Bagikan:

Iklan