BLORABARU
Beranda Budaya & Wisata Salah Satu Sudut Tirtonadi yang Bangunannya Rapuh dan Dipenuhi Rumput

Salah Satu Sudut Tirtonadi yang Bangunannya Rapuh dan Dipenuhi Rumput

BLORA, BLORABARU.COM – Kepastian masuknya investor ke tempat wisata Tirtonadi masih menunggu kepastian. Saat ini sedang dilakukan perhitungan pembiayaan menggunakan pihak ketiga melalui Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Tempat wisata yang sempat berjaya di era 60,an tersebut kini memang tampak memprihatinkan. Pantauan lapangan, tempat wisata yang memiliki sejumlah fasilitas itu tampak kurang terawat.

Di antaranya bisa dilihat dari sebuah bangunan yang bergambarkan Samin Surosentiko.

Bangunan yang tampak seperti pendopo itu bagian atap bolong. Kemudian di dalam bangunan ditumbuhi rerumputan. Cat-cat tembok pun warnanya juga sudah tak karuan. Memudar.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar, Budi Riyanto mengatakan dilirknya tempat wisata tersebut oleh investor dari Surakarta membuatnya berharap lebih. Lantaran jika pengembangan mengandalkan dari anggaran pemerintah kabupaten tak mumpuni. Sehingga pelibatan investor menjadi opsi yang masuk akal.

“Terkait investor di Tirtonadi masih proses. Ini masih penghitungan. Kelayakannya berapa,” jelasnya. Ditulis Selasa, 12/12/2023.

Penghitungan itu melibatkan pihak ketiga. Yakni dilakukan KJPP. Dengan harapan diperoleh nilai yang wajar.

Menurutnya sebelumnya, ada wacana investor tak hanya hendak merombak bagian dalam. Tetapi juga merambah ke sungai yabg berada di sebelah barat obyek wisata tersebut.

Namun ternyata hal tersebut kesulitan. Sebab perijinannya harus ke balai besar wilayah sungai (BBWS). Sehingga dirasa berat.

“Kalau itu miliknya pemkab, swasta mudah. Ini untuk sungai kan sampai pusat ngurusnya. Kesulitannya di situ. Sehingga kayaknya investor gak jadi masuk ke area sungai,” tambahnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan