BLORABARU
Beranda Advetorial Kirab Budaya Hari jadi Blora Ke 274

Kirab Budaya Hari jadi Blora Ke 274

BLORA, BLORABARU.COM – Peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora pada 11 Desember 2023 mengambil tema ‘Guyub Rukun Sesarengan Mbangun Blora Berkelanjutan, Nguri-Uri Budaya Hingga Desa’. Tema ini merefleksikan semangat kebersamaan, persatuan, dan kelanjutan pembangunan daerah sambil menjaga pelestarian seni budaya lokal.

Dalam rangka peringatan ini, Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Kirab Budaya sehari sebelumnya, tepatnya pada Minggu, 10 Desember 2023. Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, bersama istri, Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD., M.Pd.BI, serta Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST., MM, beserta unsur Forkopimda Blora, turut meramaikan acara ini dengan mengenakan busana adat Jawa.

Kirab budaya ini berhasil menampilkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa, menonjolkan kekayaan budaya dan kearifan lokal secara meriah. Para peserta, termasuk pelajar dan remaja, berkesempatan bersalaman dengan tokoh-tokoh penting seperti Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, dan Sekda Blora.

Dokumentasi acara ini banyak diabadikan melalui foto dan video oleh ribuan penonton yang hadir, sementara siaran langsung juga dapat diakses melalui kanal YouTube Dinkominfo Blora.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar, Setyo Pujiono, S,Sn., kirab budaya ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta dan kebanggaan terhadap Blora serta menjadi ajang promosi potensi budaya lokal dan hiburan bagi warga.

Acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan yang memberikan hiburan bagi masyarakat sekaligus mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama dalam sektor home industri.

Para pelajar seperti Mifta dan Nia dari SMK 1 Muhammadiyah Blora juga menyambut antusias kirab budaya ini dengan membuat konten dan mengucapkan selamat dalam perayaan Hari Jadi ke-274 Blora.

Sebagai persiapan sebelum kirab budaya dimulai, Forkopimda beserta istri terlebih dahulu menikmati seni Karawitan. Setelah itu, parade dimulai dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora menuju depan Kantor DPRD Kab. Blora dengan melibatkan berbagai kelompok instansi dan lembaga di Blora.

Pengamanan ketat juga dilakukan oleh jajaran Polres Blora demi memastikan keselamatan dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora. Suksesnya kirab budaya ini menjadikan momen peringatan ini sebagai panggung bagi keberagaman dan kekayaan budaya lokal yang patut dibanggakan. (ADV. Dikominfo Blora)

Komentar
Bagikan:

Iklan