BLORABARU
Beranda Advetorial Grebeg Gunungan Bakal Jadi Agenda Tahunan Hari Jadi Blora

Grebeg Gunungan Bakal Jadi Agenda Tahunan Hari Jadi Blora

BLORA, BLORABARU.COM  – Memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora yang ke 274 tahun, Pemkab Blora merayakan hari spesial Kota Barongan itu dengan Grebeg Gunungan. Terpantau, masyarakat antusias menyerbu puluhan gunungan itu, di Alun-Alun Blora, Senin pagi (11/10).

Terhitung, 40 gunungan yang dipersembahkan secara gratis untuk warga. Bupati Blora, Arief Rohman akui Grebeg Gunungan ini baru pertama kali dilaksanakan dan bakal jadi agenda tahunan setiap Hari Jadi Blora.

Bupati Arief mengatakan, Grebeg Gunungan ini merupakan wujud syukur masyarakat Blora terhadap hasil alam untuk memperingati Hari Jadi Blora yang ke 274 ini.

‘’Hari ini bertepatan dengan Hari Jadi Blora, kami adakan Grebeg Gunungan. Persembahan ini untuk masyarakat Blora sendiri. Alhamdulillah masyarakat juga antusias menyambut ini,’’ tuturnya.

Melihat antusias masyarakat itu, menurutnya agenda tersebut bakal diadakan secara rutin tahunan.

‘’Ini ada 40 gunungan. Dari OPD dan Kecamatan. Yang menarik itu dari Kecamatan Kradenan, isinya jajanan dan uang. Tahun ini baru pertama kali dilaksanakan, tahun depan kalau bisa gunungannya nambah ratusan. Bakal kami jadikan agenda tahunan,’’ jelas pria yang akrab disapa Mas Arief itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Blora Mohamad Toha Mustofa mengatakan, acara ini merupakan inovasi untuk merayakan hari jadi.

Terlebih, sebagai rasa syukur pemkab dan masyarakat Blora terhadap hasil alam yang telah dilimpahkan. ‘’Ini inovasi baru sebagai bentuk syukur kami atas kemakmuran hasil pertanian dan juga olahannya. Selain itu, merasakan hasil bumi dan mungkin ada jajanan untuk dinikmati bersama dengan OPD dan Kecamatan,’’ ungkapnya.

Toha juga menjelaskan, dalam gunungan itu ada dua jenis. Yairu, gunungan wedok dan lanangan. ‘’Ada yang jajanan dan sayuran. Lanang hasil bumi, wedok jajanan pasar,’’ tuturnya.(ADV. Dikominfo Blora)

Komentar
Bagikan:

Iklan