BLORABARU
Beranda Advetorial Super Ultimate Break Central Land

Super Ultimate Break Central Land

BLORA, BLORABARU.COM – Limapuluhan mobil off road yang meluncur menyusuri jalan dari Blora menuju lokasi ajang Java Super Ultimate Break Central Land, meninggalkan kesan dan pesan yang positif untuk Pemerintah setempat. Ditambah saat berkemah di hutan Semanggi menjadi kenangan tersendiri.

Arek, Event Director ajang Off Road Nasional mengungkapkan potensi wisata olahraga dan edukasi bisa ditawarkan untuk dikembangkan oleh para investor dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah setempat, dari Pemkab Blora hingga Pemerintah Desa Nglobo dan Semanggi.

“Ajang Off Road Nasional ini dihadiri para Off Roader yang nota bene adalah pengusaha di daerahnya masing – masing, mereka dari Kalimantan, Sulawesi, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah sendiri, yang barangkali membuat mereka tertarik untuk menanamkan investasi di sini, begitu melihat potensi yang ada di sini,” ungkap Arek.

Potensi Wisata Komplit
Desa Nglobo dan Desa Semanggi memang memiliki potensi wisata yang komplit untuk dikembangkan, kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten, Desa dan BUMN menjadi kunci untuk mewujudkan hal itu. Potensi hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Cepu dan potensi wisata edukasi industri minyak dan gas yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu harus dibahas bersama antara dua unsur Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Pengamat Ekonomi dan Sosial Blora, Kurnia Adi, mengungkapkan pentingnya duduk bersama dengan para pihak, yaitu stake holder dari Pemerintahan dengan BUMN pengelolanya, yaitu Perum Perhutani dan PT Pertamina EP. Setelah sepakat bersama, baru ditawarkan kepada para investor yang bergerak di sektor kepariwisataan.

“Besarnya potensi wisata ini bila dikembangkan membutuhkan kerjasama yang baik dan adil untuk semuanya, yaitu Pemerintah – BUMN dan Investor, semuanya harus seirama, jangan sampai produktifitas terganggu, misalnya untuk produksi migas jangan sampai terganggu oleh aktifitas wisata, begitu juga produktifitas perhutanan, itu harus duduk bersama membuat grand desainnya, yang bertujuan menumbuhkan perekonomian bersama,” ujarnya melalui pesan layanan WhatsApp Monitor Ekonomi.

Air Panas Dan Hutan
Pesona wisata dua desa ini memang layak dikembangkan, seperti di Nglobo, ada potensi wisata air panas Plumpung, kemudian kilang minyak dan pompa angguk jaman Belanda dan milik Pertamina EP, serta aktifitasnya, untuk wisata edukasi, sedangkan yang di Semanggi juga terdapat aktifitas pertambangan sumur minyak tua, dan hutan untuk olahraga ekstrem atau rekreasi.

Bila ditunjang fasilitas infrastruktur yang baik, untuk memudahkan wisatawan untuk mengaksesnya, maka itu akan menjadi daya tarik utama mendatangkan investor di sektor kepariwisataan. Tanpa mengganggu tujuan pokok dan fungsi sebelumnya, artinya masing – masing menjaga kondusifitas pengelolaannya.

“Ini memang harus diupayakan bersama, potensi wisata harus dibentuk dengan kesadaran bersama – sama, pengunjung senang, pertumbuhan ekonomi datang, dan kita yakin Blora punya banyak potensi ini, tinggal bagaimana pengelolaannya,” ujar Priyono, salah satu pengusaha lokal Blora, yang ikut dalam ajang Off road tersebut. (Rome)

Komentar
Bagikan:

Iklan