BLORABARU
Beranda Advetorial Ziarah Makam Leluhur Bentuk Semangat Kita Agar Blora Lebih Maju dan Sejahtera

Ziarah Makam Leluhur Bentuk Semangat Kita Agar Blora Lebih Maju dan Sejahtera

BLORA, BLORABARU.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., mengatakan acara ziarah makam leluhur atau makam mantan Bupati Blora terdahulu akan terus dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora.

Hal itu diungkapkan Sekda Blora Komang Gede Irawadi SE., M.Si setelah mengikuti ziarah dan tabur bunga bersama Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MT., dan Forkopimda Blora serta pimpinan OPD di makam gedong Tirtonatan Desa Ngadipurwo dan Makam Gedong Sunan Pojok Blora, Jumat (8/11/2023).

“Sekarang Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora. Saya kira ini perlu terus dibudayakan, dipertahankan untuk mengenang jasa beliau, semua mantan Bupati Blora,” kata Sekda Blora.

Kemarin, Kamis (7/11/2023), kata Sekda Blora, kita ziarah makam leluhur di Kabupaten Tuban, sebelumnya ziarah dilaksanakan ke beberapa mantan Bupati di luar Kabupaten Blora, yakni di Kota Surakarta, Yogyakarta, Temanggung dan Semarang.

“Saya kira ini bentuk semangat kita agar Blora lebih maju dan sejahtera,” ucapnya.

Dihari yang sama, selain di makam keluarga Tirtonatan dan makam Sunan Pojok, ziarah juga dilakukan di Makam Bupati Blora Ir. Basuki Widodo di Cepu dan Makam Eyang Jati Kusumo di Desa Janjang Kec. Jiken.

Pemerintah Kabupaten Blora melaksakankan ziarah ke makam bupati terdahulu menjelang peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, Jumat (8/12/2023).

Agenda itu menjadi salah satu rangkaian penting setiap tahun, sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pemimpin Blora.

Dalam ziarah itu Bupati Blora H. Arief Rohman, Forkopimda Kab. Blora, Sekda Blora Komang Gede Irawadi serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora mengenakan pakaian adat khas Jawa Solo (beskap tanpa mengenakan keris).
Sedangkan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, mengenakan kain dan kebaya.
Di area makam, dilaksanakan doa dan tahlil yang dipimpin pemuka agama setempat.

Seperti diketahui, almarhum Bupati Blora yang ada di makam gedong Tirtonatan yaitu Raden Tumenggung Jayeng Tirtonoto, Raden Tumenggung Cokro Negoro I, Raden Tumenggung Prawiroyudo, Raden Tumenggung Adipati Tirtonegoro.

Raden Tumenggung Panji Notowijoyo, Raden Tumenggung Cokronegoro II, Raden Tumenggung Cokronegoro III, Raden Muhammad Said Abdul Kodir Jailani, serta penasehat bupati pertama Sayyid Idrus Al Jufri.

Suasana khidmat dalam kegiatan yang sama juga dilaksanakan di makam Sunan Pojok Blora. Kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam Bupati Basuki Widodo di makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu.

.Setelah dari makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu, rombongan ziarah menuju ke Makam Janjang di Desa Janjang Kecamatan Jiken.

Di makam Mbah Janjang, Bupati dan Forkopimda Blora melaksanakan doa dan ziarah dengan khidmat. (ADV/Dinkominfo).

Komentar
Bagikan:

Iklan