BLORABARU
Beranda Advetorial Peran Pemerintah Desa dalam Pembangunan Kabupaten Blora

Peran Pemerintah Desa dalam Pembangunan Kabupaten Blora

BLORA, BLORABARU.COM – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Supardi tegaskan meski sebagai unit terkecil dalam struktur kepemerintahan, Pemerintah desa memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam pembangunan. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tingkat lokal.

Menurutnya, mengapa peran ini sangat penting. Pertama-tama, karena pemerintah desa bertanggung jawab untuk mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang ada di desa.

“Mereka harus memastikan bahwa sumber daya tersebut digunakan secara efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, pemerintah desa harus mengelola anggaran desa dengan bijaksana, memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang diperlukan, seperti jalan, jembatan, dan saluran irigasi,” ucap Mbah Pardi, sapaan akrab ketua komisi A DPRD Blora ini, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (07/12/2023) siang.

Selain itu, lanjutannya kembali, pemerintah desa juga memiliki peran dalam memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dimana, mereka harus melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan memastikan bahwa kepentingan masyarakat diwakili dengan baik.

“Misalnya, pemerintah desa dapat mengadakan musyawarah desa untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, serta mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam program-program pembangunan,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya juga mengatakan bahwa pemerintah desa juga bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara aset-aset desa.

“Mereka harus menjaga dan merawat infrastruktur yang ada, seperti gedung sekolah, puskesmas, dan pasar desa. Selain itu, pemerintah desa juga harus memastikan bahwa aset-aset desa digunakan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Misalnya, pemerintah desa dapat mengelola lahan pertanian secara kolektif untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” terangnya.

Tak hanya itu, Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah desa juga memiliki peran dalam membangun hubungan yang baik dengan pemerintah kabupaten.

“Mereka harus bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk mengkoordinasikan program-program pembangunan dan memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten dapat diimplementasikan dengan baik di tingkat desa,” jelasnya.

“Dan, misalnya pemerintah desa dapat bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dalam mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan pembangunan, seperti pengelolaan sampah dan pengendalian banjir,” jelasnya kembali.

Maka dari itu, dirinya menambahkan bahwa dengan melaksanakan peran ini dengan baik, pemerintah desa dapat berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan kabupaten Blora dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komentar
Bagikan:

Iklan