BLORABARU
Beranda Advetorial Jelang Hari Jadi ke-274, Blora Ziarah Makam Leluhur di Tuban

Jelang Hari Jadi ke-274, Blora Ziarah Makam Leluhur di Tuban

BLORA, BLORABARU.COM – Pemerintah Kabupaten Blora kembalii melaksanakan ziarah di makam Tjitrosoman di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai tradisi dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora dan mempererat tali silaturahmi.

Dalam ziarah digelar doa dan tabur bunga di salah satu makam yang dipercayai sebagai makam Bupati Blora pertama, yakni Raden Tumenggung Wilotikto (1749-1762).

Ziarah dipimpin langsung Sekda Blora Komang Gede Irawadi,SE., M.Si bersama Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, SE, Kapolres Blora, AKBP Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si, Danyon Danyonif 410/Alugoro Letkol. Inf. Muhammad Arif, diikuti pimpinan dan perwakilan OPD terkait.

Makam yang dipercaya Bupati pertama Blora ini berada di samping pemakaman keluarga Raden Tumenggung Tjitrosoman VII yang tidak lain adalah Bupati Tuban, sekaligus mertua dari Raden Tumenggung Wilotikto. Sehingga Bupati Blora pertama merupakan putra menantu Bupati Tuban.

Ziarah dilakukan dengan duduk di atas tikar, di samping pusara Raden Tumenggung Wilotikto. Diisi dengan pembacaan tahlil singkat, dan dilanjutkan tabur bunga. Cuaca cukup cerah, sehingga tidak mengurangi kekhidmatan prosesi ziarah.

Camat Semanding, drh. R. Cipta Dwipriyata, mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, masyarakatnya semakin sejahtera.

“Kami juga mengucapkan terimakasih dari Pemerintah Kabupaten Blora yang sudah berkunjung di Kabupaten Tuban utuk ziarah leluhur Pemkab Blora, yang karena memang kita harus mengingat betul jasa-jasa para leluhur kita, kita itu ada memang adanya peran dari para leluhur kita, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih, silaturahmi antara Kabupaten Blora dan Kabupaten Tuban sehingga kedepan bisa saling terjadi kerja sama,” ucapnya.

Setelah prosesi ziarah berlangsung, rombongan dari Blora diterima Sekda Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si bersama jajarannya di Kantor Bupati Tuban.
Dalam kesempatan itu Sekda Blora Komang Gede Irawdi, SE, M.Si menyampaikan Kabupaten Blora memiliki ikatan persaudaraan yang erat dengan Kabupaten Tuban. Hal itu dibuktikan dengan adanya salah satu makam yang dipercayai adalah makam salah satu bupati Blora terdahulu.

“Jadi kalau saya boleh meniru istilah Pak Bupati Blora, bahwa Kabupaten Tuban itu saudara tua Kabupaten Blora. Kabupaten Blora memiliki ikatan persaudaraan yang erat dengan Kabupaten Tuban,” kata Sekda Blora.

Menurut Sekda Blora, Bupati Blora H. Arief Rohman, juga sempat menghadiri salah satu acara pada Hari Jadi ke-730 Kabupaten Tuban (12 November 2023). Sebaliknya diharapkan dari Kabupaten Tuban diharapkan bisa hadir pada acara peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

Untuk diketahui beberapa tahun belakangan diselenggarakan ziarah dan doa di makam Tjitrosoman. Maksudnya mendoakan agar Blora menjadi berkah dari segi keamanan, ketertiban, kesejahteraan dan mengucapkan terimakasih karena beliau telah memimpin Blora sehingga Blora Bisa menjadi seperti sekarang.

Sementara itu, Sekda Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si, mengatakan permohonan maaf karena Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE tidak bisa menyambut dan menemui langsung rombongan dari Kabupaten Blora karena ada acara yang tidak bisa diwakilkan. (ADV-Dinkominfo Blora).

Komentar
Bagikan:

Iklan