BLORABARU
Beranda Advetorial KORMI Bersiap Semarakkan Hari Jadi ke-274 Melalui Festival Olahraga Rekreasi

KORMI Bersiap Semarakkan Hari Jadi ke-274 Melalui Festival Olahraga Rekreasi

BLORA, BLORABARU.COM – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Blora menggelar rapat evaluasi tentang rencana penyelenggaraan festival olahraga rekreasi bersama Bupati Blora.

Rapat dilaksanakan di Kantor KORMI komplek GOR Mustika Blora, Sabtu (2/12/2023).

Ketua KORMI Blora H.Subekti, mantan Kepala Dinas Kehutanan Blora, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun/Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

Menurut laporan dari Ketua panitia festival olahraga rekreasi H.Umartono mantan asisten dua Setda Kabupaten Blora, bahwa rencana kegiatan festival olahraga rekreasi tersebut akan menghadirkan berbagai kelompok senam meliputi senam lansia, senam kreasi dari klub Nordik, klub senam Bugar, Senam SBC, Senam Werdho Wiroga, KJS Mustika dan PORPRI.

“Disamping itu juga akan diselenggarakan parade sepeda unik dan langka dari klub sepeda Maos, klub sepeda Aryo Penangsang, klub sepeda Dapur Wojo dan klub sepeda Mustika,” terangnya.

Bahkan akan ditampilkan pula olahraga rekreasi ekshibisi berupa balapan terompah panjang, permainan gobak sodor dan permainan egrang.

Sementara arahan dari ketua Kormi Kabupaten Blora H. Subekti meminta kepada seluruh anggota panitia agar kegiatan festival olahraga rekreasi dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar kegiatan bisa berjalan lancar, sukses dan menghibur kepada masyarakat.

“Apalagi dalam kegiatan parade sepeda kuno akan diikuti oleh Bupati Blora H.Arief Rohman beserta para pejabat dan pemangku kepentingan lainnya,” jelasnya.

Selain akan disediakan berbagai doorprize yang menarik juga akan diberikan bantuan paket sembako oleh Bupati kepada para petugas kebersihan yang telah memberikan andil yang cukup besar terhadap perolehan piala Adipura di Bumi Blora Mustika.

Direncanakan peserta yang hadir sebanyak 600 orang dan diagendakan makan pagi gratis bersama Bupati.

Kegiatan itu rencana dilaksanakan setelah peringatan Hari Jadi ke-274 Blora.

Ada hal yang baru pertama kali ditampilkan dalam memeriahkan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, yaitu pengurus KORMI akan memperkenalkan senam dan jalan Nordik.

Menurut H.Subekti olahraga Nordik merupakan olahraga jalan kaki yang bisa menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan dan sekaligus menyehatkan.

Olahraga jalan Nordik merupakan salah satu bentuk olahraga jalan kaki yang menggunakan tongkat ski yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Olahraga Nordik pertama kali dikembangkan di Skandinavia dan saat ini sudah menyebar diseluruh dunia termasuk ke Indonesia.

Menurut Pambayun yang dikenal sebagai Srikandi senam di kota Blora ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan ketika secara rutin melakukan jalan Nordik, diantaranya, yaitu pertama membakar lebih banyak kalori dari pada berjalan biasa bisa meningkat hingga 18% dan sangat disarankan bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

Kedua, meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan bagian bawah karena olahraga Nordik banyak melibatkan mulai dari otot punggung, dada, bahu, lengan,paha dan kaki.

Ketiga, mengurangi risiko jatuh karena olah raga ini meningkatkan keseimbangan sehingga sangat cocok untuk olah raga bagi para kasta keren (kelompok rentan) atau para purna tugas.

Keempat, meningkatkan kebugaran jantung dan meningkatkan tekanan darah.

Kelima, mampu berjalan lebih cepat rata rata 25 % dibanding dengan berjalan biasa. Sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal stres apalagi olah raga dilaksanakan secara bersama sama bisa bersenda gurau melepas kepenatan dan kejenuhan hidup.(ADV/DINKOMINFO BLORA).

Komentar
Bagikan:

Iklan