BLORABARU
Beranda Advetorial Sebanyak 575.551 Jiwa di Blora Tinggal di Daerah Rawan Bencana

Sebanyak 575.551 Jiwa di Blora Tinggal di Daerah Rawan Bencana

BLORA, BLORABARU.COM – Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Blora Hadi Praseno mengungkapkan ada ratusan ribu penduduk Blora kini tinggal di daerah rawan bencana.

Tepatnya ada 575.551 jiwa, atau separuh lebih dari total penduduk Blora yang berjumlah 888.224 jiwa.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Pelaksana BPBD Blora Hadi Praseno dalam Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Peralatan Penangggulangan Bencana, Jumat (1/12/2023) di Alun-Alun Blora.

Dikatakannya, pihaknya mulai menggalakkan langkah antisipatif potensi terjadinya bencana alam di musim penghujan tahun ini.

“Langkah itu dilakukan mengingat banyaknya penduduk Blora yang tinggal di daerah rawan bencana,” ujarnya.

Hadi Praseno juga mengatakan bahwa saat ini Blora memasuki puncak musim penghujan. Maka dari itu, lanjutnya, potensi terjadinya bencana alam perlu diantisipasi sedini mungkin.

“BPBD juga telah melakukan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi potensi kebencanaan yang ada di Blora,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman meminta seluruh jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi potenai bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu, Bupati juga meminta agar BPBD membuka posko aduan kebencanaan untuk masyarakat.

“Kepada segenap unsur penanggulangan bencana agar meningkatkan respon waktu tanggap saat terjadi bencana, upayakan bisa hadir pada kesempatan pertama sehingga penduduk akan merasa terlindungi, termasuk membuka ruang pengaduan masyarakat, mungkin BPBD ada pos yang bersiaga 24 jam ketika ada bencana, semua stakeholder bisa dikoordinasi, dan tentunya fungsi koordinasi ini penting,” terangnya.

Kemudian, Bupati Arief juga meminta kepada masyarakat, para relawan, dan BPBD jika menemukan pohon yang berpotensi tumbang dan membahayakan masyarakat untuk segera bisa melapor. (ADV/Dinkominfo Blora).

Komentar
Bagikan:

Iklan