BLORABARU
Beranda Advetorial Pemdes Jepangrejo Bangun JUT di Dusun Glagahan

Pemdes Jepangrejo Bangun JUT di Dusun Glagahan

BLORA, BLORABARU.COM – Pemerintah Desa Jepangrejo Kecamatan/ Kabupaten Blora, Jawa Tengah membangun Jalan Usaha Tani (JUT) di Dusun Glagahan.

Kepala Desa Jepangrejo H. Sugito mengatakan pembangunan JUT di Dusun Glagahan itu dialokasikan dengan Dana Desa (DD) 2023.

“Pembangunan JUT di Dusun Glagahan ini menggunakan DD 2023, melalui pos ketahanan pangan, total anggaran Rp200 juta, tetapi kita bagi di beberapa lokasi, untuk pembangunan JUT di Dusun Glagahan nilainya Rp50 juta,” kata Sugito, Kades Jepangrejo, Sabtu (2/12/2023).

Dijelaskan, lebar JUT lebih kurang dua meter, sedangkan panjangnya menyesuaikan anggaran.

“Pembangunan JUT itu ada tiga lapis material, yaitu batu, grosok dan pedel. Ada puluhan warga yang mengerjakan,” jelasnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada warga yang rela dan bersedia tanah sawahnya terkena pelebaran pembangunan JUT.

Menurutnya, dengan dibangunnya JUT dapat membantu petani meningkatkan hasil panennya serta lebih mudah dalam mengangkut hasil panen.
Pembangunan JUT di Dusun Glagahan disambut dengan senang hati dan ucapan syukur oleh warga (petani) setempat, sebab bisa memperluas daya jangkau distribusi hasil pertanian serta diharapkan bisa meningkatkan pendapatan petani.

“Alhamdulillah, dibangun jalan usaha tani di Dusun Glagahan, sehingga mempermudah akses untuk menjangkau areal pertanian Dusun Glagahan dan sekitarnya,” kata Supardi warga setempat.

Kalau jalan bagus tentu alat transportasi roda empat akan berani ke lahan pertanian.

“Selama ini kendaraan roda empat tidak berani masuk karena sempit,” tambahnya.

Dengan demikian, salah satu hal penting yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Desa Jepangrejo adalah pembangunan infrastruktur pertanian berupa Jalan Usaha Tani (JUT) atau jalan pertanian. (ADV/Dinkominfo Blora).

Komentar
Bagikan:

Iklan