BLORABARU
Beranda Advetorial Diziarahi, TMP Kusuma Bhakti Kota Surakarta Peristirahatan Terakhir Bupati Blora Srinardi

Diziarahi, TMP Kusuma Bhakti Kota Surakarta Peristirahatan Terakhir Bupati Blora Srinardi

BLORA, BLORABARU.COM – Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta tampak rapi dan terawat dengan baik, Rabu (29/11/2023)..

Di TMP itu merupakan tempat peristirahatan terakhir yang dikhususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada negara kesatuan Republik Indonesia termasuk para pahlawan nasional, anggota militer, dan pejabat tinggi negara.

Salah satu pusara makam yang ada di
Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta adalah makam almarhum Bupati Blora Srinadi.

Di TMP Kusama Bhakti, Pemkab Blora melanjutkan tradisi tahunan melaksanakan ziarah dan tabur bunga, khususnya menjelang peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

Almarhum mantan Bupati Blora yang ada TMP Kusuma Bhakti adalah Srinadi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

Di pusara makam Srinardi, rombongan peziarah dari Kabupaten Blora berdoa dengan khusuk dan menaburkan bunga di pusara.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora Pujo Catur Susanto, SE., MM, yang memimpin ziarah dan tabur bunga mengatakan, tradisi tahunan menjelang Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, dilaksanakan sebagai bentuk sebagai bentuk penghormatan atas jasa almarhum Bupati Srinardi yang telah memimpin Blora.

Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga sehingga ada kesinambungan.

“Pergantian pimpinan itu sesuatu yang alamiah tetapi antar keluarga pimpinan sudah seharusnya tetap menyatu. Menyatukan tekad, menyatukan semangat, menyatukan inovasi dan karya untuk Blora kedepannya,” jelasnya.

Jadi hari ini, tambah Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora Pujo Catur Susanto, SE., MM, adalah yang pertama ziarah ke makam leluhur (almarhum Bupati Blora)
di Surakarta dilanjutkan ke Yogyakarta, kemudian besoknya ke Temanggung dan Semarang.

Kemudian beberapa hari berikutnya, pada awal Desember dilanjutkan ziarah ke Kabupaten Tuban. Serta Bupati yang dimakamkan di wilayah area Kabupaten Blora.

Di TMP Kusuma Bhakti Surakarta, rombongan dari Blora diterima Sri Danujo (Nunung), putra alm. Bupati Blora Srinardi.

Dirinya, mewakili keluarga Srinardi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Blora.

“Terimakasih atas kunjungan Pemkab Blora, karena tradisi nyekar ini masih terus dilakukan di makam pimpinan daerah yang sudah berjalan sejak dulu. Sehingga generasi sekarang ini masih mengenali pempinan terdahulu, perjuangannya, sehingga dapat meneruskan pembangunan di Kabupaten Blora,” ungkapnya.

Tentunya ini dalam rangka uri-uri semangat, upaya pemimpin daerah dahulu meningkatkan daerahnya,

“Sosok Srinardi itu kan terkenalnya Daendels nya Blora,” kenangnya.

Sri Danujo berharap mudah-mudahan kegiatan tahunan itu memberikan semangat kepada pimpinan daerah sekarang supaya Blora lebih makmur dengan semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan hingga ke pelosok desa.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat (Kabag Kesra) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Blora, Mohammad Toha Mustofa, S.Si., M.Kes., menambahkan Pemerintah Kabupaten setiap menjelang peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, dilaksanakan ziarah dan tabur bunga dilaksanakan secara maraton, Rabu (29/11/2023) hingga Kamis (30/11/2023).

Ziarah pertama dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta di makam almarhum bupati Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

Hadir mengikuti ziarah Kepala Kemenag Blora, HM Fatah petugas khusus ziarah. (ADV/ Dinkominfo Blora)

Komentar
Bagikan:

Iklan