BLORABARU
Beranda Ekonomi Berdirinya Pabrik, Menjadi Harapan Besar Warga Desa Jiken

Berdirinya Pabrik, Menjadi Harapan Besar Warga Desa Jiken

BLORA, BLORABARU.COM – Ratusan warga Desa Jiken, Kecamatan Jiken, Blora menggelar aksi demontrasi damai menuntut pendirian pabrik diwilayah setempat.

Para pendemo kompak dengan membentangkan spanduk panjang bertuliskan Dukung Pembangunan Pabrik Suara Hati Warga Jiken dan Pabrik Harapan Kami untuk Bisa Bekerja.

Dibalik itu, para pendemo menuntut dua point penting agar bisa direalisasikan oleh PT. Pentawira Agraha Sakti.

Ketua Karang Taruna Desa Jiken, Agus Edi Santoso mendukung dengan berdirinya pabrik di Desa Jiken.

Menurut Agus, demo ini dipicu adanya rekrutmen yang tidak jelas atau berbiaya dan adanya sosialisasi yang kurang dengan masyarakat.

Artinya, sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi, namun yang dihadirkan jumlahnya sedikit.

Oleh karenanya, kata Agus jika pabrik ini berdiri dan beroperasi demontrasi ini menjadi acuan warga.

Ia berdalih masyarakat Desa Jiken merasa khawatir akan proses rekrutmen tenaga kerja.

Untuk itu pihaknya berharap agar dilibatkan dalam proses rekrutmen tenaga kerja sebagai fasilitator dengan masyarakat karena proses rekrutmen ini terhitung banyak.

“Dari awal kita tidak pernah menolak dan kita dukung ,namun ada dua tuntutan warga yakni rekrutmen tenaga kerja dengan melibatkan warga Desa Jiken dan adanya limbah yang dikhawatirkan mengancam pertanian.” pintanya. Selasa, 3/10/2023.

Pantauan blorabaru.com dilokasi, aksi demo ini mendapatkankan pengawalan dari Polres Blora.

Menanggapi itu, Camat Jiken Joko Lelono mengatakan PT. Pentawira responsif terhadap warga Jiken dengan adanya isu tentang tenaga kerja dan isu lingkungan.

Pihaknya meyakini bahwa karang taruna dan masyarakat Desa Jiken mendukung pendirian pabrik.

“Insha Allah, ini terbaik untuk warga Blora dan masyarakat Jiken dan PT Pentawira diharapkan menerima aspirasi masyarakat dengan baik” harapnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Desa Jiken, Sumani menyesalkan kurangnya komunikasi antara PT. Pentawira dan masyarakat.

“Perlunya komunikasi lebih lanjut, agar pendirian pabrik ini menjadi solusi bersama dengan masyarakat Desa Jiken ” singkatnya.

Sementara itu perwakilan Pabrik Pentawira Agraha Sakti, Ramuji menyebutkan Pabrik ini dengan luas 15 Hektar itu akan menyerap 700 tenaga kerja.

Meski demikian ia tidak menampik baru melakukan komunikasi terhitung satu dua Minggu ini. Dan yang kemarin kemarin belum ada komunikasi.

“Menanggapi tuntutan warga, kita akan komitmen. Selanjutnya nanti Karang Taruna minta kerjaan dengan datang ke kita akan kita kasih. Tetapi sesuai dengan peraturan perusahaan.” pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan