BLORABARU
Beranda Info Publik Tingkatkan Produksi, Dindagkop UKM Gelar Pelatihan UMKM

Tingkatkan Produksi, Dindagkop UKM Gelar Pelatihan UMKM

BLORA, BLORABARU.COM – Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dindagkop UKM) Kabupaten Blora. Sepanjang tahun 2023 ini melaksanakan beberapa rangkaian pelatihan kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dan dikuti para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Dindagkop UKM Kabupaten Blora yang diwakili Wisnu Bambang, Kabid Koperasi UMKM menyebutkan sebanyak 50 pelaku UMKM selama tiga hari ini mengikuti pelatihan manajemen produksi.

“Pelantihan ini di mulai tanggal 12 September sampai hari ini kita melaksanakan pelatihan manajemen produksi dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk UMKM yang ada di kecamatan kota.” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya. Kamis, 14/9/2023.

Dijelaskan Wisnu demikian panggilannya bahwa kegiatan ini sesuai dengan Disub tentang peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM serta kapasitas dan kompetensi UMKM.

“Kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non fisik. Kaitannya untuk tahun 2023 ini ada tiga kegiatan yang sudah terlaksana yakni Desa Botorejo Kecamatan Kunduran, Desa Ketuan Kecamatan Kedungtuban dan dilantai atas kantor Dindagkop UKM Blora.” bebernya meneruskan.

Dari masing masing pelatihan itu, lanjut Wisnu tema dan topik yang diberikan kepada UMKM berbeda beda diantaranya olahan dan makanan, manajemen pemasaran dan manajemen produksi.

Dengan adanya pelatihan majemen produksi ini bertujuan untuk terwujudnya penyelenggaraan kegiatan pelatihan manajemen produksi bagi pelaku UMKM

Selama Tahun 2023 ini, menurut Wisnu bidang yang ia pegang telah berhasil dengan target pencapaian yang memuaskan.

“Alhamdulillah, ada peningkatan pelaku yang ada di Wilayah Blora ini. Teman teman UMKM yang sudah melaksanakan pelatihan ini merasa senang dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat khususnya tentang manajemen pemasaran dan manajemen produksi.” pintanya.

Namun demikian masih ada kegiatan lain dalam waktu dekat ini dengan universitas ternama di Jombang.

Kembali ia mengungkapkan direncanakan, nanti akan melakukan MOU dengan Universitas Jombang. Ini menindaklanjuti perjanjian kerjasama (PKS) dulu yang dilakukan Bapak Bupati.

“Dari OPD ini menindaklanjuti, Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan bagian tata pemerintahan (Tapem). Kita tadi koordinasi kesana prinsipnya nanti agar segera ditindaklanjuti kaitannya dengan kegiatan PKS dengan Universitas Jombang kaitannya tentang pelatihan UMKM.” demikian pungkas Wisnu, Kabid Koperasi UMKM.

Komentar
Bagikan:

Iklan