BLORABARU
Beranda Desa & Kelurahan Buntut Laporan Warganya, Berikut Penjelasan Kepala Desa Sambiroto

Buntut Laporan Warganya, Berikut Penjelasan Kepala Desa Sambiroto

BLORA, BLORABARU.COM – Kisruh seleksi perangkat Desa (Perades) Sambiroto Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora berbuntut panjang.

Beberapa warga dan peserta gagal seleksi lakukan aksi penolakan hasil Perades.

Tak hanya itu, persoalan tersebut kini melebar, dengan adanya pelaporan polisi terkait dugaan penipuan dan penggelapan aset desa.

Ironisnya, hal itu tidak digubris kepala desa dan lebih memilih menggelar pelantikan di Pendopo Balai Desa setempat.

Kepala Desa Sambiroto, Sukarno membantah adanya isu jual beli jabatan perangkat desa dalam seleksi perangkat desa yang dilaksanakan waktu lalu.

“Adanya isu jual beli jabatan Perangkat Desa Sambiroto tidak ada jual beli jabatan dan bersih.” tandasnya. Rabu, 13/9/2023.

Ia berdalih bahwa proses seleksi penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Sambiroto sudah sesuai regulasi, tahapan dan mekanisme yang sudah disepakati bersama.

“Artinya pelaksanaan pengisian perangkat desa ini dilaksanakannya secara terbuka, tertulis dan mandiri di Pemerintah Desa Sambiroto.” jelasnya.

Meski menuai kontroversi di masyarakat, kepala desa yang baru menjabat satu periode itu bersikukuh tetap melaksanakan pelantikan.

“Bahwa mekanisme dan tahapan ini sudah dijalankan sesuai prosedur selanjutnya terakhir dengan mengelar pelantikan Perangkat Desa Sambiroto.” ungkapnya.

Saat disentil adanya laporan warganya terkait dugaan penipuan dan penggelapan aset desa.

Ia pun menyayangkan atas tindakan warganya hingga berujung laporan di kepolisian.

Sukarno, mengaku bingung yang dimaksud aset tanah desa yang mana. Kata dia selama memimpin telah mengupanyakan kejelasan aset-aset desa.

Menurutnya, semestinya akan lebih baik disampaikan ke pemerintah desa terlebih dahulu.

“Jadi seluruh aset-aset tanah desa yang dulunya belum bersertifikat, sekarang di masa jabatan saya semua aset-aset itu sudah bersertifikat.” bebernya meneruskan.

“Sebenarnya kita juga bingung apa yang dimaksud, seharusnya kami pemerintah desa berharap agar pelapor untuk konfirmasi dulu dengan kami saya pahamkan.” pintanya.

Selanjutnya, dari 5 formasi dan nama peserta yang dilantik adalah Teguh selamet sebagai sekrtaris desa, Samsul hidayat sebagai saksi pelayanan, Ita wulansari sebagai kaur keuangan, Ayunda pratiyanto. Kadus ngampel dan Titik yulistiyowati, Kadus Baran.

Pelantikan dimulai jam 14.00 WIB dihadiri Forkompincam Kapolsek, Danramil, Camat yang mewakili, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tamu undangan.

“Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya perangkat desa yang baru. Dengan pelantikan ini kami berharap agar perangkat desa yang baru untuk berkomitmen, disiplin,dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan amanahnya sebagai perangkat desa sesuai dengan tufoksinya.” demikian Sukarno, Kepala Desa Sambiroto memungkasi.

Komentar
Bagikan:

Iklan