BLORABARU
Beranda Info Publik Bulan Suro, Ratusan Warga PSHT di Sahkan jadi Pendekar

Bulan Suro, Ratusan Warga PSHT di Sahkan jadi Pendekar

BLORA, BLORABARU.COM – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Blora dalam penanggalan Jawa atau lebih dikenal Bulan Suro atau Bulan Muharam melakukan pengesahan pendekar.

Setelah melewati berbagai latihan dan ujian, ratusan warga dari penjuru Blora ini disahkan di Padepokan Setia Hati Terate di Desa Tutup Kecamatan Tunjungan, Blora.

Ketua Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Sugeng Hariyanto mengatakan hari ini PSHT Cabang Blora melakukan pengesahan.

Ini dilakukan, setelah mereka melakukan pelatihan yang panjang dari sabuk putih kecil.

Menurut Sugeng pengesahaan sama dengan syukuran karena mereka sudah lulus.

“Dimana malam nanti jam 24.00 WIB sebanyak 691orang akan dilakukan pengeceran jadi pendekar. Artinya mentasbihkan mereka jadi pendekar.” bebernya kepada blorabaru.com Jumat Malam, 28/7/2023.

Lebih lanjut Sugeng menyebutkan dari jumlah itu, ada sebagian warga PSHT dari kabupaten lainnya, Namun ini masih didominasi warga Blora.

Untuk mengikuti pengesahan di Kabupaten Blora, Ini dilakukan karena tidak bisa melakukan pengesahan di tempatnya masing masing karena alasan tertentu.

Usai acara pengesahan ini, kembali ia menghimbau seluruh warga PSHT tidak melakukan konvoi di jalan.

Meski demikian pihaknya berharap agar PSHT bisa dikembangkan.

“Kami berharap usai disahkan mereka mengembangkan PSHT sampai kepelosok negeri dengan ciri khas PSHT artinya satu orang bisa membawa satu atau dua orang sehingga setiap tahun harapannya bertambah.” harapnya.

Kembali Sugeng demikian panggilannya menjelaskan dalam pengesahan tahun ini ada yang spesial dari tahun tahun sebelumnya.

Bersama itu ada warga sepuh dengan latar belakang pejabat, kabid, sekdin dan ormas karena sebelumnya mereka berlatih privat atau khusus.

Selain itu, yang lebih istimewa karena dalam pengesahan dilakukan di padepokan sendiri bukan seperti tahun tahun sebelumnya yang sering berpindah pindah.

“Untuk itu kita lakukan pengesahan, dalam pengesahan ini harus dilakukan di Bulan Suro tergantung dari jadwal, artinya waktunya ini menyesuaikan.” demikian penjelasan Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Satu Kecamatan Blora, Jepon, Jiken dan Bogorejo, Sugeng Hariyanto.

Dari pantauan media ini dilokasi, ratusan warga baru PSHT menggunakan atribut dan seragam lengkap kebesaran PSHT.

Mendapatkan pengamanan dari personil gabungan Polres Blora Polda Jawa Tangah dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sementara itu, Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Blora, Warga PSHT Cabang Blora, Munaji mengungkapkan alasannya masuk PSHT agar keluarga besar Pemuda Pancasila (PP) dengan Keluarga besar PSHT terjalin hubungan yang baik dan erat.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Blora ini dengan banyaknya saudara pasti banyak rejeki.

“Untuk kedepannya warga baru yang dibawah komando Mas Sugeng, semoga ini bermanfaat untuk masyarakat.” pinta Munaji.

Komentar
Bagikan:

Iklan