BLORABARU
Beranda Info Pendidikan Kodrat Alam dan Kodrat Jaman

Kodrat Alam dan Kodrat Jaman

BLORA, BLORABARU.COM – Menghadapi kurikulum merdeka keberhasilan anak didik perlu peran aktif dan dukungan dari semua pihak tanpa terkecuali.

Peran itu penting sejalan dengan perkembangan jaman dan perlunya komunikasi antara guru dan murid, sehingga pembelajaran bukan hanya  intelektual namun lebih pada sifat holistik.

“Ilmu yang saya dapat, saya implementasikan ke kepala sekolah dan pengawas sehingga apa yang saya dapat bisa segera di tindak lanjuti disatuan pendidikan.” ungkap Kabid Pembinaan Dikdas, Titik Umiyati kepada blorabaru.com usai memberikan materi coaching praktek pembelajaran yang berpihak pada murid. Di Sanggar Kesenian Belajar (SKB) Kauman. Jumat, 9/6/2023.

Kegiatan yang dihadiri Guru Bimbingan Konseling (BK) tingkat SMP Se Kabupaten Blora ini kembali ia menyampaikan  kurikulum merdeka ini sedang berproses dan tidak mungkin instan.

“Apalagi dengan permasalahan yang luar biasa. Jadi, sebelumnya saya pernah menyampaikan terkait implementasi pembelajaran sosial emosional.”

“Artinya, dimana guru itu tidak hanya  menyampaikan intelektual akan tetapi holistiknya dan ini harus seimbang. Sehingga anak anak mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.” katanya.

Untuk itu, lanjutnya pentingnya koneksi antara guru dan murid, perlu adanya  komunikasi yang terjalin.

Sehingga diknas selalu membuat kegiatan dimana guru guru ini bisa memahami terkait dengan kondisi anak anak sekarang.

Menurut Titik pangilan media ini, jika seorang guru tidak memahami maka anak akan lepas.

Penting sekali guru harus mengimplementasikan agar bangkit, belajar , berkarya, berkolaborasi, berbagi pengalaman dan mengembangkan kompetensi.

“Sehingga, mempunyai cara yang sesuai dengan “Kodrat Alam dan Kodrat Jamannya.” Jika seorang guru paham ini, maka anak akan terfasilitasi dan terdampingi bahwa saya mempunyai seorang guru dan tempat curhat apa apa yang menjadi permasalahannya.” demikian tandasnya.

Pihaknya menyadari betul perlunya kolaborasi dengan semua pihak yang tahu permasalahan pendidikan.

“Kami minta dukungan, ayo semuanya support baik wali murid, guru, kepala sekolah dan pengawas.” pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan