BLORABARU
Beranda Info Publik Entaskan Kemiskinan, Dinsos P3A Blora Gelar Pelatihan Membuat Makanan Olahan di Desa Kepoh

Entaskan Kemiskinan, Dinsos P3A Blora Gelar Pelatihan Membuat Makanan Olahan di Desa Kepoh

BLORA,BLORABARU.COM – Bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, Dinsos P3A Kabupaten Blora gelar Pelatihan Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP), di Desa Kepoh, Kecamatan Jati. Yakni, membuat makanan olahan berbahan baku jagung.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu (25-26 Mei 2023) itu, merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan Tahap I beberapa waktu lalu. Dimana hasil pelatihan I itu, saat dilakukan pemetaan kebutuhan dan potensi lokal, diperoleh hasil bahwa di wilayah Desa Kepoh terdapat potensi bahan baku jagung.

Sebanyak 20 orang perempuan yang terdaftar di DTKS ikut di kegiatan dengan fasilitator pelatihan dari Yayasan Satu Karsa Karya Surakarta. Mereka, para peserta diajarkan pembuatan tepung jagung , mie jagung serta keripik jagung (tortilla).

Dijelaskan, Kepala Dinsos P3A Blora, Dra. Indah Purwaningsih dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bahan lokal yang selama ini hanya diolah menjadi nasi jagung bisa dikembangkan inovasi menjadi bahan pangan yang mempunyai daya laku di pasaran.

‘’Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah keterampilan perempuan di Desa Kepoh sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga. Dampaknya dapat mengentaskan kemiskinan di desa setempat, yang merupakan salah satu desa dengan status Kemiskinan Ekstrim,’’ jelas Dra. Indah Purwaningsih.

Disampaikan, peserta akan dibagi menjadi 3 kelompok, dimana nantinya akan mendapat bantuan sejumlah peralatan untuk pembuatan olahan berbahan dasar jagung. Seperti blender, oven listrik, kompor, panci dan sejumlah alat lain.

Komentar
Bagikan:

Iklan