BLORABARU
Beranda Info Publik Perlunya Pendidikan Sejak Dini Untuk Peduli Lingkungan

Perlunya Pendidikan Sejak Dini Untuk Peduli Lingkungan

BLORA, BLORABARU.COM – Pendidikan sejak dini terhadap lingkungan menjadi bagian penting pada anak.

Upaya ini diharapkan agar di masa depan anak dapat bertanggung jawab menjaga lingkungan terlebih perlunya untuk hidup sehat, nyaman dan aman.

Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah, Pengendalian Bahan Berbahaya dan Beracun serta Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLH, Bayu Himawan mengatakan hari ini kita melaksanakan apel kebersihan salah satu rangkaian kegiatan hari peduli sampah nasional Kabupaten Blora Tahun 2023

Dijelaskan Bayu, dimana sebelumnya kita awali dengan peresmian Gedung TPS3R di Kelurahan Tambahrejo.

Dalam rangkaian ini selanjutnya kita melakukan kerja bhakti, penanaman pohon dan bazar UMKM dari lingkungan sekitar.

“Sengaja kita tempatkan di SDN Jetis 1 Blora dengan maksud untuk mensupport kegiatan Sekolah Adiwiyata.” ungkapnya. Jumat, 3/3/23.

Melalui kegiatan ini, Pihaknya berharap menjadi kampanye untuk sekolah lainnya agar menjadi Sekolah Adiwiyata.

Perlu dikertahui untuk mencapai Sekolah Adiwiyata ada enam aspek yang harus dipenuhi salah satu diantaranya membuat situasi sekolah yang sehat, bersih dan nyaman untuk belajar mengajar.

“Ini awal, untuk memotivasi sekolah sekolah lainnya.” katanya.

Menurut ia, selain itu aspek terpenting sekolah Adiwiyata adalah penanaman pohon agar dirawat untuk dijaga dan perlunya pengelolaan sampah.

Bersamaan kegiatan hari ini, lanjut kata Bayu, disini tadi juga ada tukar sampah dengan bibit dan kompos.

Kebetulan, komposnya produk dari TPA bank Sampah Induk yang komposisinya dari bahan organik.

Kemudian, Bayu Himawan juga menjelaskan terkait perolehan Adipura bahwasanya sekolah menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah.

“Untuk itu, diharapkan sejak dini perlu kita tanamkan kesadaran akan hidup sehat. Dan yang terpenting masalah lingkungan harus masuk dalam pendidikan sekolah. Maka itu hal ini diperlukan untuk membangun kebiasaan akan kesadaran untuk lebih peduli lingkungan.” pungkasnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan