BLORABARU
Beranda TNI & POLRI Satlantas Polres Blora Catat Jumlah Pelanggaran Sepanjang Tahun 2022

Satlantas Polres Blora Catat Jumlah Pelanggaran Sepanjang Tahun 2022

BLORA, BLORABARU.COM – Satlantas Polres Blora Polda Jawa Tengah selama Tahun 2022 menindak banyak pelanggar lalu lintas.

Pelanggaran terbanyak di dominasi dengan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Tahun 2022 penindakan menggunakan ETLE tercupture 25.748, sedangkan tervalidasi 24.381 terkirim 24.361 yang terkonfirmasi 1.194 kemudian untuk blangko tilang manual 12.443.” ungkap Kasat Lantas, AKP.Noach Hendrik diruang kerjanya. Selasa, 7/2/23.

Kemudian Kasat Lantas menerangkan untuk jenis penindakan yang tidak terkirim ada beberapa alasan menggunakan plat nomor orang lain dan suratnya salah alamat sehingga tidak nyampai ke pemilik aslinya.

Namun demikian yang salah alamat mereka langsung datang dan konfirmasi ke Satlantas Polres Blora.

“Istilahnya pemalsuan plat nomor kendaraan. makanya banyak yang tidak terkonfirmasi.” keluhnya.

Lebih jauh ia menambahkan untuk tahun 2022 diarahkan dan diutamakan penilangan ETLE bersama itu progam Presisi Polri.

Ini sesuai dengan Intruksi Kapolri untuk mengutamakan tindakan dengan elektronik.

Sayangnya, kata Noach panggilannya dalam pelaksanaannya ETLE ini mempunyai keterbatasan sehingga kurang efektif dan perlu ditambahkan penilangan secara manual.

Dengan itu maka penilangan manual dilakukan namun selektif terutama bagi pelanggaran kasat mata, sekiranya membahayakan diri sendiri dan orang lain. Hal ini tentu juga meningkatkan pendapatan pajak.

Bersamaan diberlakukan ETLE, Kasat Lantas mengakui banyak aduan masyarakat, melalui komen di status TMS Satlantas Polres Blora banyak warga mengharapkan supaya penilangan manual tetap diberlakukan.

“Artinya, banyak warga mengharapkan supaya penilangan manual tetap diberlakukan. ETLE ini menurut warga masih ada kelemahan seperti adanya balap liar dan knalpot brong.” katanya.

Masih menurut Noach, hal ini lantaran resiko kecelakaan di tahun 2022 cukup tinggi.

Selain itu adanya peningkatan mobilitas warga, dan jalan di blora sudah mulai mulus sehingga warga berkendara juga lajunya cepat.

Dengan diberlakukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 di seluruh Indonesia yang di mulai tanggal 7 Februari sampai 20 Februari 2023.

Bertujuan untuk diprioritaskan disiplin masyarakat berlalu lintas dan menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan.

“Kami berharap warga Blora lebih tertib dalam berlalu lintas, dan cek kesiapan dalam berkendara. Untuk anak muda tidak melakukan balap liar yang beresiko diri sendiri dan orang lain, lebih baik lakukan kegiatan yang positif.” pintanya

Komentar
Bagikan:

Iklan