BLORABARU
Beranda Info Pendidikan SMP Negeri 1 Banjarejo Menuju Adiwiyata Provinsi

SMP Negeri 1 Banjarejo Menuju Adiwiyata Provinsi

BLORA, BLORABARU.COM – Selah berhasil meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten pada 2017, kini SMP Negeri 1 Banjarejo, Kabupaten Blora saat ini tengah bersiap menuju sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023.

Kepala SMP Negeri 1 Banjarejo, Siti Suwarni mengatakan, program adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Tujuan program adiwiyata untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah menjadi tempat penyadaran warga sekolah. Sehingga menjadikan warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan sekolah,” kata Siti Suwarni, Senin (06/02/2023).

Siti, sapaan akrabnya berharap, adanya program ini semua warga sekolah ikut andil dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat.

“Alhamdulillah saat ini kami sedang mempersiapkan diri untuk menuju adiwiyata provinsi, sebelumnya untuk pertama kalinya kami berhasil meraih adiwiyata tingkat Kabupaten, pertama dilakukan dengan menyiapkan guru-guru membentuk tim untuk sekolah adiwiyata tingkat Provinsi 2023,” terang Siti.

Selain persiapan menyiapkan tim adiwiyata tingkat Provinsi, Siti mengaku, telah mencanangkan Gerakan Ambil Sampah Serentak (GASS) dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan di sekolah dan sekitarnya. Selain itu, siswa juga diharapkan peduli terhadap lingkungan terutama sampah untuk tidak dibuang sembarangan dan dapat menjaga kebersihan dimanapun mereka berada.

GASS yang dilaksanakan diluar lingkungan sekitar sekolah ini, selain untuk menjaga kebersihan diharapkan warga sekolah bisa berolahraga dan bersoaisalisasi dengan warga sekitar.

Menurut Siti, untuk mendapatkan Adiwiyata tingkat Provinsi perlu tahapan yang harus dipenuhi dan berkomitmen menjalankan program lingkungan ini. Masih banyak yang perlu diperbaiki dan ditata, juga penerapan kebersihan lingkungan pada siswa.

“Untuk mengikuti lomba atau mengikuti sekolah adiwiyata harus mendapat dukungan baik dari guru, komite sekolah, peserta didik dan orang tua, karena dukungan ini sekolah menjadi lebih semangat,” ujar Siti.

Menuju Adiwiyata Provinsi Kepala SMP Negeri 1 Banjarejo, Siti Suwarni dirinya berharap dan optimis, peran seluruh warga sekolah dapat membawa SMP Negeri 1 Banjarejo menuju Adiwiyata tingkat provinsi.

“InsyaAllah, saya optimis, dengan dukungan seluruh warga sekolah yang mau berkomitmen, bersama-sama menjaga dan mencintai lingkungan, maka ini bisa kita raih lagi, bahkan setelah itu kita bisa ke jenjang yang lebih tinggi lagi, sampai di tingkat nasional” ucap Siti.***

Komentar
Bagikan:

Iklan