SMSI Jateng dan Peradi Semarang Bergandengan, Komitmen Bangun Kekuatan Media Siber

SEMARANG, BLORABARU.COM – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jateng bergandengan dengan DPC Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) Semarang.

Pada Jumat, 2 Desember 2022, SMSI Jateng dan Peradi Semarang menandatangani kerja sama di Semarang.

Kerja sama diwujudkan dalam naskah perjanjian tentang pembentukan LBH SMSI Jateng.

Anggota LBH tersebut beranggotakan dari jajaran advokat Peradi dan anggota SMSI Jateng.

Ketua DPC Peradi Semarang Kairul Anwar saat penandatangan menyatakan pembentukan LBH SMSI sebagai bentuk komitmen Peradi.

“Peradi selalu terbuka memberikan advokasi kepada semua pihak. Kami melihat SMSI Jateng sebagai mitra strategis. Ini wujud komitmen kami untuk penguatan media siber,” kata Kairul Anwar yang disepakati menjadi Direktur LBH SMSI Jateng.

Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Kairul Anwar, dan SMSI diwakili oleh pengurus SMSI Jateng yang juga Ketua Forum Pemred SMSI Jateng Ali Arifin.

Penandatanganan kerja sama bersamaan dengan acara Pelantikan dan Pengukuhan DPC dan YLC Peradi Semarang Masa 2022-2027.

Sekaligus peresmian Kantor DPC Peradi Semarang di Ruko Yos Sudarso Square Semarang secara virtual dan penandatanganan prasasti.

Selain dengan SMSI, DPC Peradi Semarang juga bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi.
Ketua DPN Peradi Prof Dr Otto Hasibuan SH MCL MM diwakili R Dwiyanto Prihartono SH MH, Ketua Harian DPN Peradi.

“Hari ini, saya atas nama DPN Peradi sangat berbahagia. Karena DPN Peradi melantik pengurus DPC Peradi Semarang yang dikomandani Pak Kairul Anwar,” kata Dwiyanto.

Menurut Dwiyanto, Pelantikan dan Pengukuhan DPC dan YLC Peradi Semarang Masa 2022-2027 di Hotel PO Paragon, Jumat 2 Desember 2022 adalah momentum penting.

“Karena DPC Peradi Semarang menjadi salah satu DPC Peradi di Indonesia yang besar karena punya anggota yang banyak. Jumlahnya mencapai 1.800 advokat lebih,” ungkapnya.

Menurut dia, DPC Peradi Semarang sangat solid, kelihatan dari acara pelantikan ini bahwa ketua berikut timnya telah bekerja dengan baik melebihi dari kemampuan.

“Kalau diukur ini di atas rata-rata dari seluruh cabang di Indonesia,” katanya disambut tepuk tangan meriah.

“Mulai detik ini, Pak Kairul Anwar dan timnya sudah bisa bekerja maximum speed. Speed untuk memimpin dengan jumlah anggota yang begitu banyak. Semoga seluruh anggota DPC Peradi Semarang semakin baik, semakin maju, semakin pintar dan kompeten dan tidak melanggar kode etik,” tegasnya.
Harapan ke depan ada tanggung jawab lain dari pimpinan DPC Peradi Semarang.

“Pertama adalah pengawasan dan kedua adalah peningkatan kompetensi sebagai advokat.”

Tanpa dua hal itu, lanjut dia, yang paling dirugikan adalah masyarakat umum pencari keadilan jika dilayani oleh advokat yang tidak kompeten atau tidak profesional, atau melanggar kode etik profesi advokat.

“Tugas berat ketua dan jajaran pengurus DPC Peradi Semarang sudah menanti, yakni dalam bidang pengawasan dan peningkatan kompetensi anggotanya,” tegasnya.

Kairul Anwar menyatakan bahwa dua hal yang ditekankan R Dwiyanto Prihartono SH MH, Ketua Harian DPN Peradi, yakni tentang pengawasan, upgrade skill anggota untuk memberikan pelayanan terbaik dan profesional kepada masyarakat umum pencari keadilan.

“Apa yang dipesankan cukup jelas, tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegasnya. ***