Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info BirokrasiInfo Publik Intensitas Hujan Nai..

Intensitas Hujan Naik, Wabup Himbau Masyarakat 4 M

Intensitas Hujan Naik, Wabup Himbau Masyarakat 4 M

BLORA, BLORABARU.COM – Wakil Bupati Blora, Jawa Tengah Tri Yuli Setyowati mengimbau masyarakat mewaspadai muncul dan berjangkitnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) seiring meningkatnya intensitas hujan saat ini.

“Kami meminta masyarakat membersihkan lingkungan, khususnya dari sampah yang menimbulkan genangan air yang bisa membuat nyamuk berkembang biak,” ucap Tri Yuli, Senin (14/11), usai menghadiri acara di wilayah kecamatan jepon.

Mbak etik, (Sapaan akrab wakil bupati Blora), Tingginya curah hujan rawan menjadi pemicu munculnya DBD. Penyebabnya, dimana banyak genangan air yang bisa menjadi tempat nyamuk aedes aegypti berkembang biak dan menularkan DBD.

“Nyamuk tersebut dengan mudah berkembang biak meski hanya di air yang tertampung di kaleng atau barang bekas lainnya. Untuk itulah penting membersihkan sampah agar tidak menjadi sarang nyamuk,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mbak etik mengatakan ancaman penyakit DBD tidak boleh dianggap remeh karena penyakit ini bisa mengancam keselamatan. Untuk itulah penyakit ini harus dicegah sejak dini sehingga tidak sampai muncul dan berjangkit di daerah ini.

Pencegahan DBD bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Tujuannya agar nyamuk tidak sampai berkembang biak sehingga penyakit mematikan itu tidak sampai berjangkit atau mewabah.

“Cara efektif mencegah DBD adalah dengan melakukan 4M, yakni menguras tempat penampungan air, mengubur wadah yang dapat menampung air hujan, menutup tempat penampungan air dan memantau semua wadah air,” bebernya.

Ia, menilai Langkah ini dapat mencegah nyamuk berkembang biak sehingga potensi penularan DBD juga bisa dicegah. Upaya ini harus dilakukan secara berkelanjutan agar potensi munculnya bisa dicegah.

“Pencegahan harus dilakukan sedini mungkin agar DBD tidak sampai muncul. Upaya ini memerlukan peran dan dukungan masyarakat Blora, agar hasilnya lebih maksimal,” jelasnya.

Selain itu, dirinya meminta dinas Kesehatan beserta jajarannya juga diminta untuk gencar melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat agar semakin peduli melakukan pencegahan muncul dan berjangkitnya DBD.

“Tindakan ini sebagai langkah preventif yang dapat melindungi keluarga dari aman penyakit demam berdarah. Masyarakat juga harus peduli. Mari kita bersama- sama mencegahnya,” tandasnya.(*)

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..