Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Publik Upaya PLN Blora Menj..

Upaya PLN Blora Menjaga Keandalan Jaringan Listrik Saat Musim Hujan

Upaya PLN Blora Menjaga Keandalan Jaringan Listrik Saat Musim Hujan

BLORA, BLORABARU. COM – Kabupaten Blora, Jawa tengah belakangan ini dilanda cuaca ekstrem, hujan disertai angin kencang juga petir.

Menghadapi situasi tersebut, Manager PLN ULP Blora Setiyo Karminto mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan agar waspada dan hati- hati terhadap berbagai kemungkinan bahaya kelistrikan.

Bahkan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin, di musim hujan ini.

“Kami mengimbau masyarakat untuk waspada jika air meninggi dan menyebabkan genangan karena bisa mengancam keselamatan,” Apabila air sudah mulai memasuki rumah, PLN mengimbau pelanggan untuk segera mematikan listrik dari “miniature circuit breaker” (MCB) untuk menghindari bahaya tersengat listrik.

Kemudian, dalam keadaan yang sama, PLN meminta pelanggan memastikan untuk mencabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung dengan stop kontak demi menghindari terjadinya arus pendek. Letakkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih aman dan tidak terjangkau air,” ucapnya,” ucapnya. Senin. 24/10

Manager PLN ULP Blora Setiyo Karminto juga mengatakan bahwa dampak dari cuaca ekstrem tersebut membuat banyaknya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik, sehingga membuat padam.

“pohon yang paling mayoritas mendominasi gangguan listrik di PLN, karena jalur kita itu sepanjang jaringan tegangan 20kp itu kanan kiri masih banyak pohon. padahal setandar kita itu minimal 3 meter harus bersih dari pepohonan. jaringan listrik 20kp itu, iya tidak ada pelindungnya , jarak 20- 30 cm itu sudah bisa memotongkan jaringan,” ungkapnya

Ia, mengungkapkan dengan semangat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat seluruh petugas PLN tetap terus siaga menjaga keandalan pasokan listrik dan menggunakan alat pelindung diri agar tetap aman dalam menjalankan tugas.

PLN menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar merelakan pohon dirabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan.

“yang punya pohon didekat jaringan, terutama bambu, yang paling banyak bambu itu iya, sering menyebabkan kena angin, hujan kemarin berturut turut, bambu merubuhi jaringan, menyebabkan mati disatu jalur. bukan milik warga yang kena satu bambu itu nggak, tapi seluruh satu jalur bisa ribuan Masyarakat padam listriknya, belum lagi kalau sampai kabel kawat kita putus harus melintang kejalan yang belum sempat traik pengaman kita, itu beresiko ada teganganya bisa menyebabkan keselamatan yang terganggu,” tandasnya.

Dirinya juga menambahkan bila terjadi ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat potensi banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, masyarakat diharapkan agar dapat melaporkan serta meminta penghentian pasokan tenaga listrik sementara kepada PLN.

“Masyarakat diharapkan segera melapor PLN. kan sekarang sudah media online, semua bisa lapor ke grup- grup WhatsApp, melapor ke kepala desa (kita sudah ada grupnya), dari situ langsung masuk kita, kita langsung secepatnya menangani. dan yang terakhir sekarang itu sudah ada aplikasi mobile PLN, jadi siapapun yang punya android itu bisa download, saat terjadi gangguan dirumah atau melihat suatu di lapangan bisa lapor ke PLN mobil tadi. Nanti ke te- trek dari PLN langsung masuk ke laporan itu, petugas itu langsung eskusi kelapangan lebih cepat daripada warga itu harus ke kantor PLN. itu lebih efektif pakai Android, PLN mobile itu Skali tweet gangguan langsung monitor kepetugas kita,” bebernya.

Lebih lanjut, PLN Blora saat ini juga baru kordinasi dengan Pemerintah daerah setempat terkait rencana pemangkasan pohon yang menganggu jaringan listrik tersebut.

“Sekali lagi karena ini musimnya hujan, angin yang kemungkinan beberapa bulan kedepan mau nggak mau kalau ada hujan angin kita harus ekstra, kalau pohon itu tidak amankan secepatnya (kita potong) , iya kondisi kita kurang lebih seperti ini terus. untuk perbaikan padam Listrik agak kesulitan,tapi kalau Pemda, terutama dari rekan- rekan dinas perhutani itu bisa membantu kita, kita juga untuk mengijinkan dipotong, dan sesuai SOP, kalau perhutani ok iya kita bersihkan, jadi insyallah kedepannya listrik diblora aman,” pungkasnya.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..