Tidak ada pin yang di tentukan
Home Pertanian Akibat Banjir, Banya..

Akibat Banjir, Banyak Petani Terancam Gagal Panen

Akibat Banjir, Banyak Petani Terancam Gagal Panen

BLORA- Beberapa minggu terakhir curah hujan sangat tinggi, hal ini mengakibatkan petani Kecamatan Blora Kota terancam gagal panen.

Selain itu faktor lainnya dipengaruhi adanya bangunan pembuatan talud dan saluran air.

Salah satunya Karsito (53) Warga kelurahan Beran, lahan miliknya terletak di Jalan lingkar baru, atau tepatnya belakang Kantor kecamatan Blora kota.

“Ini memang sudah menjadi resiko ketika memasuki musim hujan seperti ini. Seluruh tanaman yang baru ditanam maupun udah lama ditanam bisa jadi gagal panen nantinya,” ujarnya. Minggu, 16/10.

Menurutnya, penyebab terjadinya banjir selain hujan juga diakibatkan pembuatan talud dan saluran air yang tidak merata.

“Sehingga ketika hujan terus menerus, air dari saluran tersebut meluap dan membanjiri lahan tanaman kami.” keluhnya.

Pria tersebut, selama ini hanya mengandalkan pertanian untuk memutar ekonomi.

“Iya cuma mengandalkan ini mas kerjanya, hanya seorang petani, jika hujan ini turun terus dan tak tau kapan redanya, dipastikan tanaman yang saya tanam seperti jagung, labu, kacang panjang, kacang kedelai pasti gagal panen dan mengalami kerugian jutaan rupiah,” ungkapnya.

Hal sama juga disampaikan Sutarji (58) warga Kelurahan Mlangsen, akan tetapi ia kini memilih memanen sebagian tanaman jagungnya lebih awal karena tak mau mengambil resiko lebih besar dan akan mengganti ke padi.

Sutarji, pun meminta kepada pemerintah Blora memberikan solusi agar ladang mereka tidak terkena banjir, dan Dia juga berharap ada bantuan, sebab lahan tersebut merupakan sumber pendapatan mereka.

“Kita minta dari pemerintah bagaimana caranya tahun- tahun yang akan datang kita bisa menanam lagi, dan tak tergenang banjir lagi. Kalau rugi kita rugi modal jutaan ini,” ujarnya.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..