Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Kesehatan Dinkes Blora, Ingatk..

Dinkes Blora, Ingatkan Waspada penyakit Menular di Musim Hujan

Dinkes Blora, Ingatkan Waspada penyakit Menular di Musim Hujan

BLORA, BLORABARU.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengingatkan masyarakat mewaspadai berbagai macam penyakit yang datang saat musim hujan.

“Selain tetap waspada COVID-19, pada saat musim penghujan, diingatkan warga masyarakat waspada penyakit menular.” ucap Kepala Dinkes Blora Edy Widayat saat dihubungi via telepon. Senin, 3/10.

Selain itu dirinya juga mengajak masyarakat menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan.

Orang nomor satu di Dinkes tersebut menghimbau jika mengalami gejala dan sakit yang tak kunjung sembuh segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Lebih lanjut kata Edy, di daerah yang sering dilanda banjir ada penyakit yang ditularkan lewat binatang dan diakibatkan oleh kebersihan lingkungan.

Berbagai macam penyakit mudah menyerang yakni penyakit diare, penyakit kulit berupa infeksi, alergi, dan penyakit yang mengganggu saluran pencernaan seperti tifoid berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan.

Sedangkan Demam Berdarah, Leptospirosis, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang dibawa dan ditularkan melalui binatang.

“Saat banjir, ketersediaan air bersih biasanya terbatas, baik untuk kebutuhan minum maupun sanitasi, dan kebersihan makanan yang kurang terkontrol menjadi faktor potensial terkena penyakit-penyakit tersebut,” terangnya.

Selain itu perlu diwaspadai “Demam berdarah merupakan momok saat musim hujan, karena akan terdapat genangan air dan memicu berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.” ujarnya

Namun untuk Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui tikus lewat air kencing.

Selanjutnya penyakit ISPA disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya.

“Masyarakat diharapkan senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup dan melakukan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas, serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.” pungkasnya.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..