Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Pendidikan SMAN 1 Blora, Kampan..

SMAN 1 Blora, Kampanyekan Kelola Sampah Jadi Berkah

SMAN 1 Blora, Kampanyekan Kelola Sampah Jadi Berkah

BLORA, BLORABARU.COM – Ratusan siswa SMA Negeri 1 Blora mengkampanyekan Olah Sampah Jadi Berkah, Sabtu (1/10/2022). Berbagai pernik yang dikemas dalam karnaval ditampilkan sambil membawa atribut lainnya. Mereka menyisir jalan sesuai rute yang ditentukan.

Aksi intelektual muda Blora itu menarik perhatian publik yang dilewati. Memantik kepedulian warga masyarakarat supaya tidak mengesampingkan sampah, tidak membuang sampah sembarangan, tetapi menjadikan hasil kerajinan yang apik untuk mendulang pemulihan ekonomi.

Sebuah pesan moral “Ayo Kelola Sampah Dengan Bijak” dihelat dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 SMA Negeri 1 Blora.

Kepala SMA Negeri 1 Blora Yuni Ni’wati memimpin langsung acara tersebut. Demikian juga para pendidik, mendampingi siswa sejak dari start hingga finish.

“Kampanye Olah Sampah Jadi Berkah dari para pelajar SMA Negeri 1 Blora, tujuannya supaya memberi kontribusi kepada Pemerintah Daerah, untuk mengajak masyarakat Blora supaya lebih arif dalam mengelola sampah,” terang Kepala SMAN 1 Blora Yuni Ni’wati.

Yaitu, penerapan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). Reuse, menggunakan kembali sampah-sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi lainnya. Reduce, mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah. Recycle, mengolah kembali sampah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat.

“Jadi intinya mengolah limbah enjadi berkah,” ucapnya.

Dijelaskannya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 SMA Negeri 1 Blora dilaksanakan selama empat hari.

“Hari pertama, Rabu (28/9/2022) melaksanakan doa bersama, untuk mendoakan para senior-senior kita yang sudah wafat, semoga diterima oleh Allah SWT, amalan solehnya dan diampuni semua dosanya dan mendapatkan khusnul khatimah. Kemudian, dilakasnakan ziarah kubur ke makam beberapa tokoh,” terangnya.

Hari kedua, Kamis (29/9/2022) dilaksanakan pentas seni sekaligus gelar karya. Gelar karya siswa, yang mana kelas X melaksanakan kurikulum merdeka, di antaranya melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Kali ini kita mengambil tema gaya hidup bekelanjutan, yaitu mengubah sampah menjadi berkah,” jelasnya.

Pada hari ketiga, Jumat (30/9/2022), dilaksanakan tabligh akbar, tujuannya untuk penguatan kerohanian siswa, sedangkan yang non muslim sesuai dengan kayakinan masing-masing.

“Selain tabligh akbar, kita juga melaksanakan bakti sosial dengan melaksanakan pasar murah, juga santunan kepada yatim piatu,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada hari keempat, Sabtu (1/9/2022) dilaksanakan kampanye, karnaval SMA Negeri 1 Blora mengkampanyekan kepada masyarakat Kabupaten Blora supaya lebih arif dalam mengelola sampah.

Di hari keempat juga ada make a wish, pembagian dorprize dan tumpengan.

Sementara itu informasi dari OSIS SMA N 1 Blora,menambahkan tujuan lainnya adalah memupuk rasa cinta kepada sekolah. Menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya olah limbah. Menghilangkan stigma negatif masyarakat tentang limbah. Menumbuhkan kepedulian lingkungan dengan mengurangi sampah. Meningkatkan kerja sama dan solidaritas yang harmonis antar warga sekolah.

Adapun rute kampanye Olah Sampah Menjadi Berkah, start SMA Negeri 1 Blora Jalan Tentara Pelajar – Alun-Alun Blora – Jalan Pemuda – Jalan Gunung Lawu – Jalan Gunung Wilis dan Finish di depan sekolah setempat.

Pengawalan ketat dilakukan petugas Satuan Lalu Lintas Polres Blora selama berlangsung acara

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..