Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Kesehatan Pentingnya BIAN dan ..

Pentingnya BIAN dan BIAS untuk Anak

Pentingnya BIAN dan BIAS untuk Anak

BLORA, BLORABARU.COM – Memasuki Bulan Agustusan Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) dan bulan Imunisasi anak (BIAN) di seluruh wilayah Kabupaten Blora.

Kepala Dinkes Blora, Edy Widayat menyebut mamasuki bulan Agustus Dinas Kesehatan Blora melaksanakan BIAN dan BIAS.

Dijelaskan Edy, pemberian BIAN Bulan Agustus target dan sasarannya bayi atau balita usia 9 sampai 59 bulan diseluruh Posyandu dan Puskesmas.

Manfaat yang didapat dari imunisasi untuk membangun sistem kekebalan tubuh dari penyakit sehingga dapat terhindar dari penyakit.

Tahun ini, target minimal 95 persen seluruh bayi yang ada di Blora.

Dirinya tidak memungkiri beberapa kendala yang dialami petugas yakni kesadaran orang tua yang masih kurang,

“Dalam pmberian vaksin bagi penerima yang tidak datang akan dilakukan kunjungan ke rumah selain itu keterbatasan petugas di masing masing desa atau kelurahan dan kita tidak bisa memaksa.” ungkapnya.

“Alhamdulillah dengan dukungan berbagai pihak sampai tingkat kecamatan maupun desa pencapaian kita sudah melebihi target 90 persen untuk BIAN.” katanya kepada media ini. Kamis, 15/9.

Bersamaan dengan BIAN, pelaksanaan BIAS pertama dilakukan bulan september.

Lebih lanjut, kata Edy Imunisasi BIAS diberikan untuk putri kelas 1,2 dan 5 dan untuk BIAS ke dua nanti dibulan November dengan Terget pencapaian 80 persen.

Tujuan pemberian vaksin kepada anak untuk memperpanjang antibodi atau kekebalan, terutama terhadap penyakit difteri, tetanus, campak, dan rubella.

Sedangkan HPV untuk kelas lima putri untuk mencegah secara dini kanker servik pada wanita.

“Pemberian vaksinasi BIAS dilakukan secara serentak diwilayah Kabupaten Blora. Untuk pelaksnaan di sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).” beber Edy.

Menurutnya, semua bentuk vaksinasi ada efek samping, karena dalam tubuh dimasukkan virus.

“Semua anak tervaksin,ini untuk mencegah beberapa penyakit terutama pada diri kita sendiri dan lebih baik melakukan pencegahan.” pungkasnya.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..