Tidak ada pin yang di tentukan
Home Desa & Kelurahan Gali Potensi Warga, ..

Gali Potensi Warga, KKN UNY adakan PPBE

Gali Potensi Warga, KKN UNY adakan PPBE

BLORA, BLORABARU.COM – Melihat banyaknya potensi alam yang terdapat di wilayah kelurahan Tambahrejo, kecamatan Blora kota. Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Program Kependidikan (KKN- PK) mengajak warga gencarkan “Eco Green” melalui kegiatan Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint.

Lurah Tambahrejo, Marthin Ukie Andhana mengatakan bahwasanya Ecoprint merupakan teknik pembuatan batik dengan memanfaatkan bahan- bahan alam seperti daun dan bunga.

“Melihat banyaknya potensi alam yang terdapat di wilayah kelurahan ini, membuat kami berpikir untuk mengajak warga meciptakan produk unggulan dengan memanfaatkan potensi alam tersebut,” ucapnya, Senin (19/9) siang

Lebih lanjut, dirinya juga menceritakan motif yang tercipta dari bahan print yang berasal dari alam menunjukkan bentuk dan tekstur yang sangat mirip dengan aslinya dengan hasil warna sesuai dengan kandungan bahan alam itu sendiri.

“Teknik pewarnaan yang mudah dan ramah lingkungan semakin menambah daya tarik pewarnaan ecoprint, ditambah lagi dengan sifat warnanya yang natural dan lembut,” jelasnya.

ia, juga menambahkan pelatihan ini merupakan hal baru di wilayah kelurahan ini, sehingga banyak menarik perhatian dari peserta pelatihan. ditambah lagi dengan teknik pembuatan ecoprint yang sangat mudah membuat ibu- ibu semangat untuk mencobanya di rumah.

“Kelurahan Tambahrejo saat ini sedang fokus pada pengembangan desa sebagai desa wisata, saya senang dengan adanya pelatihan ini, selain memberdayakan ibu- ibu agar lebih produktif, diharapkan nanti ecoprint ini dapat menjadi produk unggulan yang dapat mendukung program kelurahan,” bebernya.

Selain pelatihan pembuatan ecoprint, diadakan pula pelatihan Packaging, perhitungan biaya pembuatan, dan strategi pemasaran. Harapannya setelah pelatihan ini, ibu- ibu sudah siap mendirikan UMKM produk ecoprint dengan brandnya sendiri dan dengan strategi pemasaran yang baik.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kelurahan Tambahrejo Andriani, menyampaikan maksud dan tujuan pelatihan yaitu mengenalkan cara pembuatan batik dengan bahan alam melalui Ecoprint, sekaligus melatih jiwa wirausaha.

Bahkan Menurutnya pelatihan ini bermanfaat bagi peserta karena mendapatkan edukasi berpenampilan stylish dengan produk handmade berbahan minimalis sekaligus menggali minat serta bakat kerampilan dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar.

Kegiatan teknik ecoprint ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN UNY dan diikuti warga. Kegiatan ini sangat memberikan dampak positif dan banyak manfaat terutama bagi warga disini. Peserta mampu memahami minat dan bakat keterampilannya dalam memanfaatkan bahan yang ada di sekeliling tempat tinggalnya, dan kedepan nantinya bisa membuka usaha sendiri,” tandasnya. (GSa)

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..