Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Publik RAPI Blora Gelar Mus..

RAPI Blora Gelar Musyawarah Wilayah VIII

RAPI Blora Gelar Musyawarah Wilayah VIII

BLORA, BLORABARU.COM – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 10 Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII Tahun 2022, Sabtu (17/9/2022).

Muswil yang dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Blora dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Irfan Agustian Iswandaru, AP, M.SI mewakili Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dengan mengusung tema “Dengan Bermusyawarah Kita Satukan Persepsi di Segala Lini Baik di Bidang Administrasi Organisasi dan Komunikasi Menuju Kemajuan RAPI Kabupaten Blora”

Ketua RAPI Blora masa bakti 2018-2022, Drs. Sunarji Efendi,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggota RAPI ini merupakan ‘anak miskin’ yang perlu dirumat (diperhatikan).

“Mohon maaf, karena kami, anggota RAPI ini memang betul-betul anak miskin yang perlu dirumat, karena kita mandiri, dalam situasi seperti ini, alhamdulillah eksis,” ucapnya.

Dikatakannya, anggota RAPI siap membantu komunikasi, diminta atau tidak oleh Pemerintah Daerah maupun jajaran yang lainnya, tanpa minta imbalan sepeserpun.

“Memang, teman-teman kita relawan yang luar biasa. Kami menyadari RAPI ini adalah sebuah organisasi, bukan patembayan atau paguyuban, tetapi organisasi yang berjenjang mulai dari RAPI Lokal, RAPI Wilayah, RAPI Provinsi atau Daerah dan Nasional. Jadi, RAPI tidak sembarangan organisasi yang ecek-ecek,” kata Sunarji Efendi.

Namun, kata dia, terus terang pihaknya mengaku tidak punya apa-apa, kecuali modal semangat.

“Alhamdulillah, setiap kegiatan, teman-teman anggota ataupun non anggota yang simpati terhadap RAPI tidak segan-segan menyumbangkan dana, pikiran dan sebagainya,” ungkapnya.

Sebagai ketua, kata Sunarji, melihat solidaritas, kekompakan dari anggota RAPI, dirinya mengaku terharu hingga menangis.

“Kami berharap, mudah-mudahan di tahun depan, dengan kepengurusan yang baru, kepada Bapak Bupati. Tolong Pak, kami dikucuri APBD, karena kami tidak punya apa-apa, meski hanya seribu rupiah kami akan pertanggungjawabkan secara administrasi sesuai regulasi yang ada,” ucapnya.

Pihaknya menyebut, anggota RAPI, hingga sekarang sudah mencapai 150 dan masih banyak calon anggota lainnya yang akan masuk ke RAPI.

“Dan ini kita jaga. Kami bersyukur lagi apabila Bapak Bupati berkenan kita aturi konzen kehormatan, sebab ini diatur oleh Undang-Undang, itu sangat luar biasa, contohnya Pak Ganjar Pranowo,” kata dia.

Dikatakannya, meski nanti dirinya tidak lagi sebagai pengurus, namun akan tetap mengabdikan, menginfaqkan pikiran untuk RAPI.

Selain mohon kucuran APBD, pihaknya mengaku sudah sowan kepada Bupati dan akan diberikan tempat untuk Sekretariat Wilayah.

“Mudah-mudahan kepengurusan kedepan jauh lebih baik. Teman-teman kita sudah solid, saya tidak akan rela meninggalkan begitu saja, meskipun tidak masuk dalam pengurus,” ucapnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada panitia atas teselenggaranya acara tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua Ketua RAPI Daerah 11 Jawa Tengah H. Abdul Manan,SE, MM dalam sambutan dan pengarahannya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora yang telah memberikan fasilitas terkait kegiatan pada hari itu.

“Sangat luar biasa, kami yang ada di daerah bisa hadir di pendopo rumah dinas Bupati Blora, karena, sekali lagi, tidak semua wilayah 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mendapatkan kesempatan seperti ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap kepada kepengurusan yang baru nanti segera mengurus SKT, mengajukan ke Kesbang dan segera mengajukan ke Pemerintah Kabupaten untuk mendapatkan dana hibah atau lainnya, biar organisasi lebih maju. Bisa kemana-mana, bisa dimana-mana.

Walaupun, kata dia, selama ini juga bisa eksis, bisa bekerja sama dengan lembaga pemerintahan atau instansi pemerintahan atau lembaga yang lain.

“Tetapi alangkah baiknya jika kepengurusan yang akan datang bisa bersinergi lebih baik lagi dengan Pemerintah Kabupaten,” tegasnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasi kepada pengurus RAPI wilayah masa bakti 2018-2022, yang sebentar lagi mau dimesioner, atas kerja keras dan kerja samanya dengan Pemkab Blora dan RAPI Daerah 11 Jawa Tengah.

“Saya pribadi dan mewakili RAPI Daerah 11 Jawa Tengah mengucapkan banyak terimakasih. Sekali lagi bukan hal yang mudah untuk membuat organisasi kemasyarakatan seperti RAPI yang bisa eksis. Semuanya dibiayai sendiri, dikelola sendiri,” kata Abdul Manan.

Dirinya berharap agar kedepan dipertahankan, lebih semangat ditambah kinerja yang solid dan luar biasa disesuaikan dengan apa yang dipunyai.

“Kita punya anggaran dasar, anggaran rumah tangga, anggaran organisasi yang selalu menaungi bagaimana kita berorganisasi, bermasyarakat selama ini,” tambahnya.

Abdul Manan berpesan agar pelaksanaan Musyawarah Wilayah ini dijadikan pembelajaran bersama, untuk menjadi lebih baik.

“Kepada siapapun nanti yang menjadi ketua, tidak memutus rantai. Kalau memutus rantai, saya kira organisasi tidak akan berjalan dengan baik, karena kultur organisasi itu harus jalan. Budaya itu harus jalan, karena itu pasti diteruskan oleh pengurus sebelumnya, sehingga harus berkesinambungan,” pesannya.

Djelaskannya, sebentar lagi RAPI akan memasuki usia ke-42, secara nasional nanti akan diselenggarakan Hari Ulang Tahun di Kabupaten Semarang, tanggal 12-13 November 2022.

“Mohon kiranya teman-teman atensi kegiatan tersebut, karena ini kerja kita semua, mohon untuk bisa berpartisipasi,” ucapnya.

Kepada Pemkab Blora, Abdul Manan, berharap agar RAPI Blora bisa diberdayakan karena anggotanya sangat banyak. Di Jawa Tengah, kalau terdata semuanya mencapai 10.000 anggota. Di Indonesia, anggota RAPI hampir 70.000.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Irfan Agustian Iswandaru, AP, M.Si., mewakili Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, dalam sambutan sebelum membuka Musyawarah Wilayah VIII Tahun 2022 RAPI Wilayah 10 Kabupaten Blora, menyampaikan permohonan maaf, yang sejatinya Bupati Blora berkenan hadir, namun karena jadwalnya bersamaan sehingga harus melaksanakan tugas di luar kota.

“Tetapi beberapa hal sudah diterima dan dijawab oleh Bapak Bupati Blora, jadi kesempatan hari ini hanya penegasan saja, sebab apa yang disampaikan tadi sudah didengar dan diberi lampu hijau oleh Bapak Bupati,” ucapnya.

Tentu saja dengan mekanismenya, kalau berharap dari APBD, diawali dengan proposal. Selain itu harus tercatat sebagai badan hukum di Kemenkumham RI.

“Terkait dengan Sekretariat dan kelengkapannya bisa dikoordinasikan,” tambahnya.

Yang jelas, kata Irfan, gayung sudah bersambut, untuk penguatan organisasinya, Pemkab Blora berserta jajaran berkomitmen untuk bersama-sama.

“Ditandai tadi dengan kehadiran dari Dinas yang berkaitan langsung dalam musyawarah, ini sebagai wujud nyata bahwa kita sepakat komitmen bersama,” ucapnya.

Hadir sebagai undangan pada Musyawarah Wilayah VIII Tahun 2022 RAPI Wilayah 10 Kabupaten Blora, yakni Forkopima Blora, Ketua DPRD Blora, Kepala Kesbangpol Blora, Kepala Dinkominfo Blora, Kepala Pelaksana BPBD Blora, Ketua PAPI Lokal Cepu, Blora, Tunjungan dan Jepon, Ketua RAPI wilayah Karesidenan Pati serta undangan lainnya.

Sebelumnya, di awal acara Ahmad Dhori selaku ketua panita menyampaikan laporannya. Kemudian setelah muswil dibuka secara resmi dilakukan Sidang Paripurna I, Sidang Paripurna II dan Sidang Paripurna III.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..