Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Publik Festival Barongan Na..

Festival Barongan Nasional Digelar di Blora Desember Mendatang

Festival Barongan Nasional Digelar di Blora Desember Mendatang

BLORA – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyampaikan bahwa Festival Barongan tingkat Nasional bakal digelar kembali tahun ini. Event tahunan yang sempat berhenti karena pandemi ini, menurut Bupati akan diadakan kembali untuk menyemarakkan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Blora ke 273 pada bulan Desember mendatang.

Kabar ini disampaikan Bupati Arief ketika menghadiri Pentas Barongan Risang Guntur Seto di Kelurahan Kunden dalam rangka Suran Ageng dan Agustusan, Jumat malam (19/8/2022).

“Setelah dua tahun kita vakum dari event seni budaya berskala nasional, maka bulan Desember nanti inshaAllah akan kita adakan kembali Festival Barongan tingkat Nasional di Blora. Kita rangkaikan dengan acara Hari Jadi,” ucap Bupati.

Pasalnya menurut Bupati, antusiasme masyarakat untuk menonton pertunjukan barongan sangat tinggi sekali. Apalagi di setiap desa ada atau memiliki paguyuban Seni Barongan.

“Terbukti malam ini pentas Risang Guntur Seto juga dipenuhi ribuan penonton. Skalanya ini sudah Alun-alun atau Kridosono, kalau disini ya penuh seperti ini. RGS memang top, selalu konsisten melestarikan seni Barongan Blora,” sambung Bupati Arief.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa saat ini Pemkab sedang menyusun desain Tugu Barongan Blora untuk menegaskan branding Blora Kota Barongan.

“Kita sedang susun desain Tugu Barongan, rencananya akan kita dirikan di perbatasan Blora – Rembang, di Desa Ngampel. Jika desainnya sudah jadi, nanti akan kita undang teman teman seniman untuk memberikan masukan kepada kami,” lanjut Bupati.

Selain itu, kedepan Bupati ingin keberadaan panggung terbuka Taman Tirtonadi bisa dimanfaatkan untuk pertunjukan seni barongan secara rutin berkala.

“Panggung yang ada di Taman Tirtonadi itu silahkan dimanfaatkan teman teman seniman. Bisa untuk latihan, sekaligus menghibur masyarakat. Monggo silahkan diatur jadwalnya, bergantian. Mungkin seminggu sekali atau dua minggu sekali,” tambah Bupati Arief.

Menurutnya saat ini pertunjukan wayang kulit telah mulai dilaksanakan kembali secara rutin setiap malam Sabtu Pon di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Sehingga pihaknya juga ingin kesenian Barongan Blora bisa memiliki wadah untuk tampil secara rutin berkala dengan memanfaatkan panggung terbuka Taman Tirtonadi.

Mendengar apa yang disampaikan Bupati Arief, Adi Wibowo Ketua Paguyuban Seni Barongan Risang Guntur Seto, mengapresiasi komitmen Bupati Arief Rohman dalam upaya pelestarian Seni Barongan Blora.

“Keren Pak Bupati, kami siap menyukseskan. Malam ini juga banyak teman teman seniman barongan yang hadir disini. Pasti juga akan mendukung apa yang disampaikan Pak Bupati. Kami sangat setuju dengan branding Blora Kota Barongan. Kami juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Pak Bupati dalam acara Suran Ageng ini,” kata Adi Wibowo yang akrab disapa Didik RGS ini.

Setelah Bupati naik panggung, pentas Barongan Blora pun terus dilanjutkan dengan pertunjukan Barongan Risang, ganongan, jaranan, gaenah dll.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..