Tidak ada pin yang di tentukan
Home Budaya & Wisata Meriah, Bupati Berha..

Meriah, Bupati Berharap Grebeg Bangkle Bisa Jadi Event Tahunan Blora

Meriah, Bupati Berharap Grebeg Bangkle Bisa Jadi Event Tahunan Blora

BLORA, BLORABARU.COM –  Kirab Grebeg Bangkle yang dilaksanakan pada Rabu (8/6/2022) berlangsung meriah. Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi, kini kirab grebeg yang dilaksanakan dalam rangka sedekah bumi Kelurahan Bangkle ini berhasil menarik perhatian publik Blora.

Berawal dari depan Kantor Lurah Bangkle Jl. Jendral Sudirman no. 119, kirab diberangkatkan langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. Turut mendampingi Camat Blora Kota, bersama Forkopimcam, dan seluruh Lurah se Kecamatan Blora Kota.

Sejumlah potensi seni budaya se Kelurahan Bangkle ditampilkan. Mulai seni hadroh, pandemen sedulur budaya Majapahit, gunungan lanang wadon, seni barongan dari masing-masing RW, dan sejumlah ogoh-ogoh yang diusung oleh para pemuda.

Bupati Arief pun melepas rombongan kirab hingga peserta terakhir. Dari Kantor Lurah Bangkle, kirab berjalan kea rah timur melewati Jl. Jendral Sudirman. Sampai SDN 1 Bangkle belok utara menuju Bangkle Karkaran. Kemudian melintasi Jl. KNPI – Jl. Veteran, lanjut masuk Jl. Sentono dan finish di komplek Makam Mbah Sentono di belakang Kantor Samsat Blora.

Meskipun digelar saat hari kerja, antusiasme masyarakat untuk menonton kirab ini tetap tinggi. Tidak hanya kaum muda, orang tua dan anak-anak pun reka ikut berjalan mengikuti jalannya kirab.

Melihat potensi yang bagus ini, Bupati Arief Rohman pun berharap agar Kirab Grebeg Bangkle ini bisa terus dilestarikan dan dijadikan event tahunan yang ada di Kabupaten Blora.

“Kelurahan Bangkle luar biasa. Top…!! Sedekah Bumi nya meriah. Setelah semalam ada kirab pusaka dan tirakatan, ternyata paginya ada kirab Grebeg Bangkle yang menampilkan berbagai potensi seni budaya. Meriah dan bagus, tampak guyub rukun sesarengan nguri-uri budaya bangsa,” ungkap Bupati Arief.

“Kita berharap kedepan acara tradisi ini bisa terus dikembangkan sebagai acara tahunan yang dikemas menarik. Masuk kalender event Kabupaten. Ini merupakan potensi wisata seni dan budaya yang kita miliki. Apalagi kalau ada barongan, sudah pasti ramai. Semoga menginspirasi dan menjadi contoh Kelurahan dan Desa lainnya,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga berdoa agar warga masyarakat Bangkle selalu diberikan kesehatan, keselamatan, dan murah rezeki.

“Sedekah bumi pada dasarnya adalah wujud syukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu, semoga wujud syukur ini diikuti dengan nikmat sehat, selamat, dan murah rezeki bagi warga Bangkle, dan umumnya warga Blora,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Lurah Bangkle, Andi Nurrohman, S.IP., MM., menyampaikan bahwa Grebeg Bangkle ini terwujud karena semangat kebersamaan seluruh stakeholder yang ada di Kelurahan Bangkle.

“Acara seperti ini tidak akan bisa dilaksanakan kalau hanya pemerintah saja, atau hanya masyarakat nya saja. Maka kita gerakkan bersama, sesarengan bersama seluruh lembaga yang ada di Kelurahan Bangkle. Alhamdulillah berjalan lancar dan meriah. Ini merupakan wujud syukur masyarakat setelah tahun lalu kita vakum akibat pandemi,” ungkap Andi.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah hadir untuk memberangkatkan kirab hingga akhir. InshaAllah Bangkle siap untuk Sesarengan mBangun Blora,” tambahnya.

Adapun Adisti, warga asli Bangkle mengaku senang kali ini bisa kembali menyaksikan keramaian sedekah bumi.

“Baru kali ini sangat meriah, dulu dulu belum pernah ada kirabnya. Setelah pandemi malah lebih bagus. Warga tampak kompak menampilkan berbagai kesenian. Seneng rasanya melihat ini. Pedagang kali lima juga banyak, ekonomi masyarakat kecil ikut berjalan,” ucap Adisti.

Usai kirab Grebeg Bangkle, dilanjutkan tasyakuran bersama di halaman Makam Mbah Sentono sesepuh Kelurahan Bangkle. Yang diikuti seluruh masyarakat Kelurahan Bangkle. Dalam acara ini, masing-masing keluarga membawa makanan dan saling tukar dengan tetangga.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..