Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Pendidikan Berdirinya Pramuka M..

Berdirinya Pramuka Merupakan Salah Satu Pembentukan Karakter Anak

Berdirinya Pramuka Merupakan Salah Satu Pembentukan Karakter Anak

BLORA, BLORABARU.COM – Rasa senang dan optimis terlihat diwajah Kakak Pembina dan adik adik siaga yang mengikuti Persari di Binwil Pati saat mengikuti pelatihan di Halaman Rumah Dinas Bupati Blora. Rabu, 11/4.

Salah satunya, Pembina Pramuka dari SDN 1 Karanggeneng Kecamatan Kunduran, Prawoto kepada media blorabaru.com mengatakan Kedatangannya di pendopo rumah dinas Bupati Blora dalam rangka persiapan pesta siaga tingkat Binwil di Pati.

” SD N 1 Karanggeneng Kecamatan Kunduran mengirmkan satu Barung yang terdiri dari 8 siaga, Kakak pembina ada 3 orang. Namun dalam pelaksanaan Persari akan dilaksanakan di Kudus.” ucapnya.

Kegiatan pesta siaga rutin dilakukan setiap setiap tahun sekali, masing masing Kwarcab akan mengirimkan kontingennya.

Diakuinya, selama pendemi kegiatan Pramuka fakum, dikarenakan ini sesuai himbauan pemerintah tidak boleh melaksanakan kegiatan Pramuka.

Sehingga persiapan pesta siaga dilakukan setelah masa pandemi berakhir, dengan syarat PPKM level satu namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini pola pendidikan Pramuka semakin dinamis, artinya kegiatan Pramuka di sekolah berkembang dan tetap ada.

Menurut Prawoto, progam dari Kwarcab Blora sangat baik dan mendukung serta bisa memotivasi anak, apalagi Pramuka sejak dini dilatih, dididik dan dibina untuk membentuk karakter yang positif.

Pramuka merupakan ekstra kulikuler wajib yang diterapkan disekolah. Proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga.

Selama ini kita mengetahui pendidikan Pramuka dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat dan terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan dengan tujuan pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Lebih lanjut, kata dia kalau kita hanya mengandalkan akademik, bila mana karakter positif tidak mengiringi atau berjalan bersamaan maka akan terjadi mis.

” Jadi sebenarnya berdirinya Pramuka merupakan salah satu pembentukan karakter anak.” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan Pramuka kedepan semakin berkembang, karena sesuai dengan karakter bangsa. Disadari selama ini karakter penanaman anak pada Pramuka berkembang sangat bagus.

Solikin

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..