Tidak ada pin yang di tentukan
Home Info Kesehatan Dinas Kesehatan Laku..

Dinas Kesehatan Lakukan Monitoring Evaluasi Progam “Jogo Tonggo”

Dinas Kesehatan Lakukan Monitoring Evaluasi Progam “Jogo Tonggo”

Blora, Blorabaru.com – Dinas Kesehatan Provinsi   (DinkesProv) Jawatengah , melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan Monitoring Evaluasi (Monev) Progam Jogo  Tonggo yang diluncurkan Gubernur Jawa Tengah. Senin, 1/11/21.

Monev tersebut bertujuan untuk mengevaluasi program Jogo Tonggo sebagai bahan perbaikan program kedepannya agar lebih maksimal.

Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Rita Ultrajani S.KM, M.Kes didampingi Kasi Pomkesda Nanik Sri M,SKM dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora mengatakan Saat ini kami melakukan evaluasi (INTIP) intensifikasi dan edukasi pemberdayaan masyarakat untuk covid 19 melalui progam jogo tonggo.

“Monev ini sebagai bahan perbaikan dan evaluasi kedepan” Terangnya.

Hari ini kita melakukan Monev di tiga Desa Sambongrejo, Sitimulyo dan Kelurahan Tempelan.

Dikatakan, Kita melakukan intensifikasi pendampingan Selama enam minggu, dengan pendampingan ini diharapkan masyarakat berdaya.

Dengan kurun waktu tiga minggu diawal, kita melihat perkembangan dari masyarakat baik pengetahuan, sikap, perilaku dan kendalanya seperti apa.

“Di tiga minggu kemudian kita lakukan evaluasi, apakah ada perbedaan antara sebelum dan sesudah.” Tandasnya kepada Blorabaru.com pada saat monev di Desa Sambongrejo.

Dimana sebelumnya banyak masyarakat yang membantah, tentang informasi yang diterima.

Menurutnya, Melalui progam ini dengan wawancara edukator langsung, ada perbedaan yang sangat signifikan dan hasilnya jauh lebih baik.

Selanjutnya, Ada ndak perbedaan sebelum dan sesudah, tidak tahu menjadi tahu, mulai dari tidak mau menjadi mau, dan mulai dari tidak mampu menjadi mampu, dengan adanya edukator ini, hasilnya ada perbedaan.

Sehingga masyarakat menjadi berdaya sendiri, harapannya agar tidak tergantung kepada yang ada di pemerintahan.

“Jogotonggo yang sebelumnya untuk penanganan covid 19, sekarang mulai kita persiapkan kearah penanganan Demam Berdarah (DB).” Tuturnya.

Dengan adanya jogo tonggo ini, Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi mengingatkan
Kita sebagai makhluk sosial harus kembali ke fitrohnya, kekuatan roh dari jogo tonggo mengenai keputusan, ide, dan gagasan diambil dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri.

SHARE

Komentar ditutup.


URL berhasil di salin
Data off atau jaringan lambat
Memuat content..